BPODT Berharap Masyarakat Turut Sukseskan Event Trail of The Kings Danau Toba Lolos UTMB

BERSPONSOR

Toba, NINNA.ID-BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danau Toba) berharap masyarakat turut menyukseskan Event Trail of the Kings (ToTK) Danau Toba agar lolos menjadi major event UTMB di Asia. Jika itu terjadi, Danau Toba akan menjadi lokasi diadakannya event internasional bergengsi tiap tahunnya.

“Trail of The Kings Zero Edition diselenggarakan sebagai cara untuk memuluskan event lari trail ini sebagai salah satu UTMB World Series Events di Zona Asia,” ujar Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT, Elfridance Pardede pada saat konferensi pers dengan jurnalis belum lama ini.

TRAIL OF THE KINGS
Trail of The Kings Zero Edition diselenggarakan sebagai cara untuk memuluskan event lari trail ini sebagai salah satu UTMB World Series Events di Zona Asia (foto: UTMB)

Dalam konferensi pers di Jakarta, Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan dalam sambutannya mengatakan ToTK sebagai sebuah produk wisata yang merupakan narasi baru untuk mempromosikan dan memasarkan Danau Toba ke tingkat nasional maupun internasional.

“Kami memperkenalkan TOTK sebagai produk sport tourism berbasis ekowisata dan geowisata dengan memanfaatkan potensi Danau Toba yang luar biasa. Produk wisata ini dikemas dalam petualangan dan story telling melalui aktivitas di luar ruangan lainnya yang dapat dilakukan seperti trekking, cycling, dan kayaking.

BERSPONSOR

ToTK ini juga merupakan bagian dari narasi baru tersebut dan menjadi aktivasi dari produk wisata tersebut” ujar Jimmy.

Trails of The Kings
Konferensi Pers TOTK dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi/lembaga/industri/komunitas (foto: dokumentasi BPODT)

Jimmy mengatakan bahwa ToTK Zero Edition akan menjadi event berkelas dunia.

“ Target kami, ToTK akan menjadi bagian dari Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB) World Series, sebagai seri dunia lari trail yang paling bergengsi dan prestisius. Kami akan mengundang para elit runners dari dalam dan luar negeri untuk turut terlibat dalam event TOTK Zero Edition ini”, ujar Dirut BPODT tersebut.

Untuk menyukseskan event tersebut, BPODT berharap masyarakat aktif terlibat khususnya dalam menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan dan keramahan. Dengan demikian, para pelari bisa benar-benar menikmati petualangan mereka selama event ToTK di Samosir.

BERSPONSOR

Alasan Menyelenggarakan ToTK

Trail of The Kings Zero Edition diselenggarakan sebagai cara untuk memuluskan event lari trail ini sebagai salah satu UTMB World Series Events di zona Asia, untuk kemudian ditingkatkan kembali kelasnya menjadi salah satu Major event UTMB di Asia.

Acara ini akan menjadi perlombaan lari trail yang menjadi main sport tourism. Disamping itu, event ini bertujuan untuk mengenalkan lebih luas kawasan wisata DPSP Danau Toba ke penjuru nusantara dan mancanegara.

Sekaligus menjadi aktivasi Produk Wisata Trail of the Kings sebagai narasi besar di Kawasan Danau Toba untuk mempromosikan Danau Toba sebagai sport tourism destination di Indonesia dan dunia.

- Advertisement -
TERKAIT  10 Korban Banjir di Simangulampe Belum Ditemukan, Tim SAR Gabungan Perluas Area Pencarian

Acara ini juga akan memberikan benefit yang luas baik secara ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan kepada masyarakat lokal dan meningkatkan pendapatan negara.

Presiden Jokowi juga berharap event internasional ini akan mendatangkan banyak wisatawan.

“Bukti kita bangsa besar yang mampu menyelenggarakan event kelas dunia” ucap Jokowi dalam sebuah pernyataan yang dikutip.

Target BPODT di balik penyelenggaraan event ini yakni mendapatkan lisensi dan menjadikan Trail of The Kings (ToTK) sebagai agenda resmi atau seri dunia event trail run terbesar dan prestisius yang telah dianggap sebagai olimpiade atau “Mekah”-nya para pelari trail run international yaitu Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB).

Event Lari Trail dimaksud akan berlangsung pada tanggal 4-5 Mei 2024 berpusat di Water Front City, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Lomba tersebut dibagi atas beberapa kategori yaitu: Lomba 5K, 10K, 27K hingga 50K.

Para pemenang juga berhak mendapatkan hadiah yang sudah dipersiapkan BPODT. Di antaranya hadiah lomba lari 5K Juara 1 : 1juta Juara 2 : 750.000 Juara 3 : 500.000.

Hadiah lomba lari 10K antara lain juara 1 : 5juta, Juara 2 :3juta, Juara 3:1,5 juta + Plakat.

Hadiah lomba lari 27 K antara lain Juara 1 : 10juta, Juara 2 : 6juta, Juara 2 4,5juta + Throphy 6-10 : Plakat. Hadiah lomba lari 50K antara lain Juara 1 : 15juta, Juara 2 : 10juta, Juara 3 : 7,5 juta+ Throphy 6-10 : Plakat.

Urgensi UTMB

Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB) merupakan event trail run terbesar dan prestisius di dunia. Disebut sebagai Olimpiade Trail Run atau “Mekah” bagi pelari trail run seluruh dunia.

Event UTMb diselenggarakan selama 42 kali di sepanjang Asia, Oseania, Eropa, Afrika dan Amerika.

Di Asia hanya ada di 4 Negara (China, Hong Kong, Korea Selatan, Thailand), dengan jumlah race hanya 4. Sedangkan di Eropa memiliki 13 race.

Penyelenggaraan di wilayah Asia menempati urutan ke-3 di dunia dari segi jumlah peserta yang mengikuti trail run by UTMB (Oseania, Eropa, Asia).

UTMB merupakan pasar potensial untuk pariwisata mancanegara rata-rata peserta lomba lari 2.535 orang.

Potensi pelari internasional 40 persen dari total keseluruhan peserta.

Thailand penyelenggara event trail run terbesar kedua di dunia. Dengan jumlah peserta sebanyak 4.505 peserta, Race Doi’Inthanon menempati posisi kedua peserta terbanyak di dunia.

BPODT sangat berharap event trail run akan menjadi event tahunan di Danau Toba yang dapat meningkatkan pendapatan ekonomi kreatif seperti penginapan, transportasi, kuliner, UMKM, kerajinan, pertunjukkan dan lain-lain.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU