Program Desa Brilian Lahirkan Ribuan Pelaku UMKM di Indonesia

BERSPONSOR

NINNA.ID-Salah satu program BRI untuk memajukan desa yakni Program Brilian. Program ini telah melahirkan ribuan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis SDGs.

Desa-desa yang tergabung dalam program Desa Brilian diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.

Dilansir dari situs desabrilian.id terdapat ribuan desa yang menjadi binaan Program Desa Brilian.

BERSPONSOR

Bahkan tahun ini BRI kembali menggelar pelatihan pemberdayaan desa, Desa BRILiaN 2024 dan menargetkan 1.000 desa.

Desa Brilian
Edukasi ke masyarakat Desa Tomok dalam Program Desa Brilian (foto: istimewa)

Ada ribuan pelaku desa Program Brilian yang memperoleh manfaat pelatihan. Sasaran pemberdayaan dari program ini adalah elemen-elemen kunci yang ada di desa yang meliputi Perangkat Desa (Kepala Desa), Pengurus BUMDes, Badan Permusyawaratan Desa, UMKM di Desa, Perwakilan kelompok Usaha (Klaster) dan Pegiat Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berlanjut berkomitmen untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial nilai dengan mendorong inklusi keuangan ke seluruh desa di Indonesia.

Tidak terkecuali di Samosir. BRI Kantor Cabang Balige memilih Desa Tomok sebagai Desa Brilian yang diberdayakan.

BERSPONSOR

BRI Kantor Cabang Balige sejak 2023 berupaya memberdayakan masyarakat untuk bisa meningkatkan produk yang biasanya dijual di Pasar Tomok. Di antaranya kerajinan tangan, ikan jahir asin, dan produk lainnya.

TERKAIT  Penggemar Thriller, Simak Sinopsis Film No Escape Tayang Malam ini

Desa Tomok hanyalah satu dari antara ribuan Desa Brilian di Indonesia. Program Desa Brilian juga diharapkan akan menghasilkan pelaku UMKM yang berdaya tahan di tengah gejolak ekonomi.

Jika dijalankan secara maksimal, Program Desa Brilian dapat berdampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Pertama, program Desa Brilian juga melahirkan pengusaha UMKM di tiap Desa Brilian.

- Advertisement -

Sudah banyak bukti menunjukkan di tiap desa lahir pengusaha-pengusaha baru yang mencari peruntungan di balik industri jasa wisata.

Mereka memanfaatkan bahan baku di desa diolah menjadi produk yang dijajakan di pasar maupun ke konsumen atau wisatawan. Kebanyakan pengusaha di desa wisata terdiri dari para wanita. Hal ini sangat menunjang perekonomian masyarakat desa.

Kedua, program ini memampukan Indonesia untuk menyelamatkan sumber daya bumi yang tiap tahun menipis. Cuaca ekstrem, banjir, dan bencana alam lainnya mendesak umat manusia di bumi untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Melalui program yang misi utamanya memberdayakan masyarakat lokal untuk melestarikan sekaligus menjajakan produk kreatif dan destinasi wisata diharapkan program ini membantu melindungi alam dan lingkungan.

Ketiga, program Desa Brilian mengembangkan pertanian di Indonesia. Melalui program ini, tiap Desa Brilian dapat mengembangkan budidaya pertanian rempah-rempah, pembibitan, tanaman pangan, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman obat, tanaman keras, dan lainnya.

Dengan demikian, tiap desa memiliki sumber daya melimpah untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU