Usaha Ternak Ayam Meresahkan, LBH AJWI Sumut Turun Tangan

BERSPONSOR

NINNA.ID – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Lembaga Bantuan Hukum Aliansi Jurnalis Warga Indonesia (LBH AJWI) Sumatera Utara merespon pengaduan masyarakat tentang adanya bangunan ternak ayam di Jalan Cemara Abadi, Percut Sei Tuan, Deli Serdang yang meresahkan masyarakat.

“Benar, kami dari LBH AJWI Sumaera Utara mendatangi usaha ternak ayam dan melihat langsung keberadaan usaha ternak. Hasil pembicaraan kami, pengusaha berkomitmen untuk menutupnya,” kata Wakil Direktur LBH AJWI, Frans Zul M Sianturi, Kamis (24/11/2022).

Kedatangan LBH AJWI Sumatera Utara ke lokasi ternak ayam di Jalan Cemara Abadi, Percut Sei Tuan, merupakan buntut dari laporan masyarakat atas dampak dari bangunan ternak ayam yang membuat aroma busuk dan kerumunan lalat di kawasan itu.

Salah satu warga, Yanti mengatakan, sudah 2 tahun kandang ayam tersebut mengganggu masyarakat. Banyak lalat yang beterbangan serta bau bersumber dari kandang ayam itu sangat mengganggu akitivas masyarakat.

BERSPONSOR

Ia juga sangat mengapresiasi kedatangan LBH AJWI Sumut yang turun tangan dalam mendampingi warga dalam mendatangani pemilik usaha ternak ayam.

TERKAIT  Kuntilanak 3, Mencari Pasangan yang Hilang di Hutan

Sementara itu, pemilik usaha ternak ayam, Mega kepada LBH AJWI Sumatra Utara menerangkan, ia memilih menjual rugi ayam ayamnya dengan harga satu ekor Rp20.000.

“Kami menjual rugi ayam ayam milik kami seharga dua puluh ribu rupiah kepada masyarakat sekitar dan sudah terjual sebanyak dua lorong dari total sembilan lorong. Kami juga tidak bisa memastikan kapan kandang ayam ini akan kami tutup. Jika semua ayam kami telah terjual, maka kami tidak akan melanjutkan aktivitas kadang ayam kami,” kata Mega.

Sebelumnya, terkait gangguan peternakan ayam di Jalan Cemara Abadi, Percut Sei Tuan, Deli Serdang  ini sudah beberapa dimediasi pemerintah setempat dengan masyarakat sekitar. Namum, pemilik usaha ternak ayam tidak segera menutup usahanya. Akhirnya dia menjual ayam-ayamnya dengan harga di bawah pasar.

BERSPONSOR

Penulis : Tim
Editor   : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU