Pemilu Februari Jadi Alasan Event F1H2o Diundur ke 1-3 Maret

BERSPONSOR

NINNA.ID-Pemilu politik yang akan datang di Republik Indonesia memaksa H2O Racing dan promotornya, InJourney, untuk mengundurkan waktu acara Grand Prix Indonesia seminggu ke 1-3 Maret, demikian disampaikan https://www.f1h2o.com dalam press releasenya.

Babak pembukaan Kejuaraan Dunia F1H2o UIM 2024 tadinya dijadwalkan pada 23-25 Februari 2024. Akan tetapi, proses pemilihan Presiden Indonesia membuat acara F1H20 di Danau Toba diundur seminggu lebih lambat dari yang direncanakan.

Danau Toba terletak di Kaldera Toba sebagai salah satu dari 20 geopark di Indonesia dan diakui pada tahun 2020 sebagai salah satu Global Geopark UNESCO.

Acara tahun lalu merupakan sebuah kesuksesan yang spektakuler dengan sekitar 100.000 orang menghadiri babak kualifikasi dan perlombaan utama di pantai selatan danau vulkanik terbesar di dunia yakni di Balige.

BERSPONSOR
Bartek Marszalek
Pebalap tim Stromoy Racing, Bartek Marszalek memacu kecepatannya dalam sesi kualifikasi putaran pertama Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Minggu (26/2/2023).(foto:antara)

Persiapan Kemenparekraf

Di tempat terpisah, saat ditanya terkait persiapan Kemenparekraf untuk F1H2o, Kemenparekraf menyatakan saat ini terus berkoordinasi dengan InJourney selaku penyelenggara dan seluruh K/L terkait serta Pemerintah Daerah untuk memastikan persiapan dan kelancaran pelaksanaan F1 Powerboat 2024 terutama terkait rangkaian acara penunjang.

TERKAIT  Negara-Negara Rapuh Terdampak Perang Butuh Kemitraan dan Sumber Daya Global yang Kuat

Selain itu, kolaborasi dengan industri untuk promosi dan atau bundling paket wisata di dalam dan luar negeri, dukungan pengembangan infrastruktur pariwisata di DSP Danau Toba, serta fasilitasi keterlibatan UMKM agar event yang berskala internasional ini benar-benar memberikan dampak positif dalam menyejahtrakan masyarakat, meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara serta tetap menjaga keberlanjutan lingkungan.

Kemenparekraf juga berupaya untuk meningkatkan angka wisatawan ke Danau Toba. Deputi Bidang Pemasaran pada tahun 2024 tetap mengadakan aktivitas promosi dalam rangka pencapaian target pergerakan wisatawan khususnya di dalam negeri dengan hashtag #DiIndonesiaAja antara lain yaitu Dukungan Pelaksanaan Event Nasional & Internasional yang diselenggarakan di Danau Toba seperti kegiatan F1 Powerboat dan Aquabike.

BERSPONSOR

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU