spot_img

Zumbatak , Zumba Ala Pulau Samosir Mulai Menjadi Gaya Hidup

SAMOSIR – Zumba merupakan salah satu tarian seperti senam olahraga yang dipimpin seorang instruktur dan diikuti beberapa peserta. Tidak hanya menghasilkan keringat, olahraga ini menonjolkan kekompakan tim dengan irama geraknya yang menawan.

Di Samosir telah hadir beberapa kelas zumba. Karena dibuka di Samosir, namanya bermetamorfosa menjadi Zumbatak. Peminatnya setiap waktu selalu bertambah, karena zumbatak terlihat seperti dansa yang diyakini mampu meningkatnya rasa percaya diri dan menambah gairah hidup.

Bahkan untuk sebagian orang mengaku, mengikuti Zumbatak karena gerakan yang sederhana dan mudah, sehingga sangat nyaman diikuti wanita maupun pria. Kegiatan ini juga termasuk senam dengan biaya yang relatif murah dan aman  karena tidak ada gerakan yang ekstrem.

Hal inilah yang menggagas para gadis mileniel dan para ibu milenial di Kabupaten Samosir menjadikan kegiatan zumba sebagai gaya hidup dan merangkainya dengan tarian lokal sehingga disebut Zumbatak.

Untuk terus mengangkatnya ke permukaan, salah satu pemerhati pariwisata Danau Toba dan pemerhati perempuan, Ria Gurning melihat Zumbatak sebagai salah satu atraksi baru yang bisa dikolaborasikan dengan pariwisata.

Dia berkeinginan bagaimana membuat even Zumbatak di tepi Danau Toba dengan peserta yang dapat menyedot perhatian Museum Rekor Indonesia (MURI).  Terlebih di Samosir, banyak memiliki garis pantai berpasir yang panjang, dan salah satu yang cukup cocok disebutkan Batuhoda Beach di Simanindo.

TERKAIT  Belasan Tahun Jadi Tulang Punggung Tunggal Untuk 9 Anak

“Samosir memiliki pasir putih yang menawan seperti halnya di Batuhoda Beach, sehingga tarian ini sangat tepat dan cocok dilaksanakann di sana. Dengan melibatkan ribuan kaum hawa dan disaksikan secara live dari berbagai penjuru negeri. Kegiatan itu bisa memecahkan rekor MURI tapi setelah pandemi ya,” kata Ria Gurning kepada ninnA.id belum lama ini.

Kehadiran Zumbatak disambut positif di Kabupaten Samosir. Senam ini diharapkan sebagai salah kegiatan yang  dapat meningkatkan immun tubuh.

Nah, brother dan sista yang tertarik dengan Zumbatak, siapkan diri bergabung dengan komunitas sehat ini.  Samosir selepas pandemi ini, adadirencanakan akan menjadi tuan rumah Zumba dengan mengusung konsep tarian Batak, sehingga disebut Zumbatak.

 

Penulis  Jogi S
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU