spot_img

Zonasi Kawasan Pusuk Buhit Kesepakatan 5 Puak Batak

SAMOSIR –  Gunung Pusuk Buhit dengan berbagai keindahan alam dan sejarah peradabannya telah disepakati menjadi titik awal Peradaban Batak. Penetapan itu didukung dengan membuat batas-batas zonasi mulai dari bawah (kaki) hingga puncaknya (atas).

Salah satu zonanya, yakni zona sakral yang berada di puncak. Diharapkan, puncak Gunung Pusuk Buhit menjadi magnet kepariwisataan yang memiliki daya tarik wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Sebelum ditetapkan menjadi titik awal peradaban, Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar Forum Group Diskusi (FGD) selama tiga hari di Kabupaten Samosir mulai Kamis 17 Maret hingga Sabtu 19 Maret 2022.

FGD dihadiri lima Puak Batak yang tinggal di Toba, Angkola-Mandailing, Simalungun, Pakpak-Dairi dan Karo, berdiskusi dan merumuskan hingga bersepakat bahwa Gunung Sakral Pusuk Buhit menjadi titik awal Peradaban Batak. Dalam diskusi itu juga disepakati, di zona sakaral itu (bagian puncak) akan ditanami pohon Beringin. Pohon Beringin diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pusuk Buhit karena Pohon Beringin memiliki banyak filosofi kehidupan.

TERKAIT  Kampung Ulos Huta Raja Menjawab Miss Charity Indonesia

Selain zona sakral, juga disepakati ada zona pemanfaatan di bawah kaki gunung sakral ini dan zona penyangga di bagian tengah. Perumusan dan pembagian zona ini untuk, untuk membedakan aktifitas masyarakat di sektiar Pusuk Buhit.

Adapun aktifitas wisata di kawasan Hot Spring dan berbagai penataan wisata lainnya di sana, merupakan bagian dari zona bawah. Sementara untuk zona penyangga, di bagian tengah akan dimanfaatkan  untuk kegiatan wisata dan antraksi budaya Batak hingga wisata religi.

FGD tentang titik awal peradaban Batak dan pembagian zona ini diadakan di Samosir menghadirkan beberapa narasumber seperti Prof Albiner Siagian, Prof Dr Robert Sibarani, Ketua Harian BP TCUGG, Mangindar Simbolon dan Ketua Majelis Lembaga Adat, Pantas Marroha Sinaga.

 

Penulis    : Jogi S
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU