spot_img

World Clean Up Day, Bersihkan Danau Toba di Hari Merdeka

NINNA.ID – HUMBAHAS

Worl Clean Up Day And Virtual Tour, diinisiasi beberapa pelaku wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan. Aksi peduli lingkungan ini dilakukan untuk mengisi peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Menyasar Pulau Simamora dan Pulau Sitangke, aksi bersih-bersih kawasan Danau Toba di kawasan itu, sempat disiram gerimis. Namun kegiatan tetap berjalan dan selesai sekira pukul 13.00 WIB.

Pulau Sitangke di Desa Simangulampe, menjadi tempat pertama yang dibersihkan. Keasrian pulau ini seolah hilang dengan banyaknya sampah berserakan, terbawa arus.

Sampah-sampah yang mendominasi di sana seperti plastik kemasan makanan instant. Jumlahnya lumayan membuat dahi berkerut. Dua karung penuh.

Lokasi kedua yang dibersihkan adalah Pulau Simamora di Tipang. Sama seperti di Sitangke, di sini juga menjadi tempat berkumpulnya sampah-sampah plastik kemasan makanan dan botol-botol minuman. Dari sini, dua karung lebih sampah berhasil diangkut.

Total sampah yang berhasil dikumpulkan dari kedua pulau  tersebut sekitar 5 karung ukuran besar. Sampah tidak langsung dibuang tapi diserahkan ke pihak pemilahan dan daur ulang sampah yang ada di Kecamatan Baktiraja.

TERKAIT  11 Tahun Mengasuh Sanggar Tortor Batak, Manggung di Luar Negeri Jadi Impian

Koordinator kegiatan, Jery Lumbangaol mengatakan, promosi kesadaran kebersihan kawasan Danau Toba dalam bentuk aksi itu sangat perlu dan bisa dikerjakan siapa saja.

World Clean Up Day
Peserta aksi World Clean Up Day mengumpulan sampah.(Foto/Gomgom)

Dengan terawatnya Danau Toba, banyak pihak akan merasakan manfaatnya seperti aman diminum dan menarik untuk dikunjungi – Jery Lumbangaol

Melalui aksi bersih-bersih yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Danau Toba sebagai kawasan super prioritas unggulan harus “merdeka” dari sampah.

Aksi yang banyak diikuti warga dari luar Kecamatan Baktiraja itu mendapat sambutan hangat warga setempat. Mereka semakin sadar pentingnya menjaga kebersihan kawasan Danau Toba, apalagi bagian dari tempat tinggal mereka.

Aksi World Clean Up Day cabang Humbang Hasundutan itu melibatkan Pokdarwis Desa Tipang, Bandrek Andaliman, Pokdarwis Desa Sinambela, dan banyak lagi individu yang peduli bersih Danau Toba dengan media partner NINNA.ID.

Penulis : Gomgom Sihombing

Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU