spot_img

Wisata O2 Sijambur, Dapur Oksigen dan Sensasi Sengatan Lebah

SAMOSIR – Dari sembilan kecamatan yang terdapat di Kabupaten Samosir, kecamatan yang paling unik adalah Kecamatan Ronggurnihuta, karena satu-satunya kecamatan yang tidak bersentuhan langsung dengan tepian Danau Toba.

Untuk itu, perlu persiapan ekowisata yang baru untuk menghadapi arus pariwisata Global. Walaupun menjadi kecamatan yang tidak bersentuhan langsung dengan dengan Danau Toba, namun Kecamatan Ronggurnihuta selalu memberikan inspirasi baru dalam mendorong dan menarik perhatian wisatawan berkunjung ke desa-desa di sana.

Di Desa Sijambur telah dibentuk Kelompok Pariwisata O2 tepatnya di Lumban Pokki. Wisata O2 ini diharapkan dapat menjaga lingkungan dengan baik dengan beternak lebah, seperti yang diungkapkan Raja Tamba, warga di sana.

“Dengan adanya wisata ini, kita telah menyelamatkan lingkungan, kita akan semakin banyak menanam dan merawat pohon yang sudah ada. Daerah wisata ini, memiliki pusat pendidikan ternak lebah dan semoga menjadi barometer perlebahan di Kabupaten Samosir maupun di Sumatera Utara,” ujar Raja Tamba.

Kelompok wisata O2 ini langsung didukung dan kukuhkan oleh ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia) Samosir yang dipimpin Debby Bustomi. Lahirnya Pariwista 02 ini diharapkan dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian alam tanpa melakukan penebangan pohon.

TERKAIT  Mengintip Romantisme Pantai Pangkodian

Daerah wisata O2  ini memiliki produk unggulan seperti Madu Original dan memiliki produk-produk turunan lain berupa kopi madu. Di lokasi Pariwiata 02 ini, wisatawan akan mendapatkan edukasi tentang lebah, manfaat madu dan panduan cara beternak lebah madu yang baik.

Di pusat perlebahan ini, wisatawan juga dapat merasakan terapi lebah dengan sengatan-sengatan lebah yang menghadirkan rasa dan sensasi tersendiri.

Daerah ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua  ataupun roda empat, dengan perjalanan 30-40 menit dari Kota Pangururan melalui Danau Sidihoni. Dapat juga dilalui via Tomok melintasi jalanan hutan Ronggurnihuta. Pilihan ini sangat direkomendasi bagi traveler khususnya yang datang dari luar Samosir, karena selain jaraknya lebih dekat dapat berwisata alam dan menikmati view Danau Toba dari ketinggian.

Bagaimana bro dan sista ninnA, ingin merasakan terapi sengatan lebah yang sensasional itu? Yuk traveling ke puncak Pulau Samosir.

 

Penulis    :  Lifzen Sitanggang
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU