spot_img

Warga Humbahas Menunggu Presiden Jokowi di Perbukitan

HUMBAHAS – Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Lembah Bakara, Kamis (03/02/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Kunjungan ini merupakan hari kedua dalam rangkaian kunjungannya di Sumatera Utara. Sejak pagi, warga sudah mulai mengisi lokasi kedatangan Presiden di lahan perbukitan.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kecamatan Baktiraja, Desa Simangulampe, Presiden direncanakan akan melakukan penanam bibit pohon dan menyerahkan sertifikat TORA (Tanah Objek Reforma Agraria).

Penanaman bibit pohon melibatkan masyarakat dari berbagai elemen. Setiap orang yang terlibat penanaman bibit dan masuk lokasi persinggahan Presiden wajib diantigen. Bibit pohon yang ditanam terdiri atas macadamia, mangga, alpukat dan durian.

Lokasi penanaman Bibit Pohon berada di Desa Simangulampe karena statusnya sebagai Unit Percontohan Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam (UPSA) dengan luas lokasi sekitar 10 Ha.

Bibit-bibit pohon ini direncanakan akan diurus oleh Kelompok Tani Marsiurupan. Uniknya, perawatan penanaman pohon bersama dengan Presiden Jokowi akan dirawat dengan kontrak perawatan selama 3 tahun.

Presiden Jokowi
Warga berkumpul menantikan Presiden Jokowi sejak pagi untuk menanam bersama (Foto:Gomgom)

Desa Simangulampe
Sedikit tentang Desa Simangulampe, merupakan salah satu desa dengan perkembangan terpesat di Kecamatan Baktiraja, khususnya dalam kesiapan menyambut Pariwisata.

Adapun beberapa alasan yang membuat Desa Simangulampe ini layak disebut sebagai desa paling berkembang di Kecamatan Baktiraja adalah karena kelengkapan ketiga faktor penunjang pariwisata, yaitu atraksi, aksesbilitas dan amenitas.

TERKAIT  Presiden Joko Widodo Taklukkan 12 Km Jalanan Danau Toba Hanya 15 Menit

Daya tarik Desa Simangulampe meliputi Pulo Sitangke, pulau mini tak perbenghuni yang sering jadi obyek bersantai dengan sampan, fasilitas waterboom dengan kolam renang, dengan airnya sangat segar dan dingin karena langsung dari bukit, serta obyek wisata alam bersejarah Aek Sipangolu, peninggalan dari Gajah Sisingamangaraja I yang memikat pengunjung dari berbagai penjuru.

Amenitas pendukung aktivitas berwisata di Desa Simangulampe berupa toilet internasional, hotel berbintang 3, restoran-restoran terapung dengan menu ikan segar yang terkenal gurih dan manis dari Danau Toba.

Oia, di sini terdapat Restoran Anugerah Soambaton dengan menu andalan khas, Ayam Sorlet yang sudah terkenal di Kawasan Danau Toba.

Dan mengenai akses, Desa Simangulampe bisa ditempuh sekitar satu jam dari Bandara Silangit, 45 menit dari Dolok Sanggul.

Meskipun cahaya matahari pagi jatuh tepat di wajah, hingga pukul 9.30 masyarakat masih terlihat sangat bersemangat menunggu kedatangan Presiden.

Mereka sudah standby di titik yang telah ditentukan sejak pukul 06.00 untuk mendapatkan kesempatan yang bisa jadi sekali seumur hidup, bertemu presiden secara langsung meskipun hanya melihat dari jarak dekat, syukur jika ada kesempatan bersalaman.

 

Penulis    : Gomgom
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU