spot_img

Wapres RI Serukan Kebangkitan Rempah Indonesia dari Danau Toba

PARAPAT – Mengembalikan kejayaan rempah Indonesia menjadi perhatian serius Wapres KH Ma’aruf Amin, saat membuka Indonesian Spices Business Forum and Expo World Tahun 2021, Jumat (10/12/21), di Parapat, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Acara itu diharapkan menjadi momentum kebangkitan kembali rempah Indonesia di kancah internasional.

Di luar penetapan sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas, kawasan Danau Toba kata Wapres, merupakan pusat berbagai tanaman rempah yang pernah menjadi primadona ekspor pertanian dari Provinsi Sumatera Utara.

“Dari kawasan inilah kita ingin bersama-sama menggaungkan kembalinya kejayaan rempah Indonesia. Ini selaras dengan amanat Bapak Presiden pada Hari Tani Indonesia tahun 2017,” ujar Wapres RI KH Ma’aruf Amin.

Setelah menghabiskan satu malam di Parapat, Wapres membuka Indonesian Spices Business Forum and Expo World Tahun 2021. Dia mengingatkan, beragam rempah Indonesia yang juga sebagai simbol pemersatu bangsa.

“Kita punya jahe, kunyit, pala, kemiri, cengkeh, lada, kayu manis, tembakau, dan bermacam rempah lainnya. Rempah kita sarat dengan nilai semangat kebangsaan dan persatuan bangsa,” ujarnya.

Berada di kawasan Danau Toba, Wapres KH Ma’aruf Amin menyisipkan umpasa (pantun Batak) dalam sambutannya.

“Sahat-sahat ni solu, sahat ma tu bo(n)tean.
Leleng ma a(n)tong hita mangolu
Sahat tu parhorasan, sahat tu panggabean,” ujar Wapres.

Terjemahan bebas: Mari kita saling mendoakan kebaikan di antara kita. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua, panjang umur, sehat-sehat, dan sejahtera.

Usai membuka acara dan berkeliling ke beberapa stand, Wapres RI meninggalkan hotel pukul 11.00 WIB, menempuh jalur darat menuju Bandara Silangit.

TERKAIT  Benarkah Orang Batak Seram dan Tidak Ramah?

Wapres Puji Rasa Kopi di B’Caro Coffee Shop Tigaraja
Sebelum membuka Indonesian Spices Business Forum and Expo World Tahun 2021 di Niagara Hotel Lake Toba & Resort, Wapres KH Ma’aruf Amin menghabiskan malam bersama istri untuk bersantai dan berbincang dengan tokoh masyarakat dan agama di B’Caro Coffee Shop Tigaraja, Kamis (09/12/21), sekira pukul 20.00 WIB.

Sambil berbincang, Wapres dan rombongan menikmati suguhan dari seduhan kopi ringan khas B’Caro Coffee Shop, dilengkapi roti bakar dan telur ayam kampung setengah matang.

Usai menyeruput kopi, Wapres Ma’aruf memberi pujian singkat. “Rasa kopinya enak,” ujar Wapres Sambil mengangkat jempolnya.

Pengelola Coffee Shop B’caro Tigaraja, Numput Ginting Sangat berbahagia dengan kedatangan Wapres ke Parapat, terlebih mampir ke tempatnya. Momen itu diharapkan menjadi promosi kebangkitan UMKM dan pariwisata Danau Toba.

Menurut Ginting, sebelum pandemi tamu mancanegara selalu datang dan banyak singgah menikmati kopi di tempatnya. Namun semua berubah setelah pandemi. Pengunjung menurun drastis,  bahkan hampir tidak ada tamu mancanegara.

 

Penulis   : Feriandra
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU