Wah! Instagram Lagi-lagi Meniru TikTok dengan Membuat Fitur Trending IG Reels

NINNA.ID – Instagram lagi-lagi meniru TikTok setelah merilis fitur baru dengan tajuk Trending IG Reels. Selain itu platform milik Meta juga menambahkan fitur trending untuk audio dan hashtag (tagar).

“Kami berusaha menjadikan Instagram sebagai rumah bagi pembuat [kreator] seperti Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda, terhubung dengan audiens Anda dan mencari nafkah,” tulis Meta dilansir dari laman resminya, baru-baru ini.

Lewat fitur baru ini, kini kreator dapat melihat lagu dan audio yang sedang trending di Reels bersama dengan analitiknya, seperti berapa kali audio tersebut telah digunakan.

Fitur Reels Trends memungkinkan pengguna mengumpulkan tagar dan lagu yang sedang ramai digunakan di IG Reels, beserta berapa banyak video yang menggunakan audio tersebut.

BERSPONSOR

Reels Trends membantu pengguna ikut nimbrung dalam tren atau tantangan viral di IG Reels dengan menciptakan konten serupa.

Konsepnya serupa dengan TikTok, karena pengguna di sana yang membuat ulang video mirip dengan konten viral berpotensi masuk laman For Your Page (FYP).

Pembaruan lainnya yang dibawa Instagram adalah edit video Reels. Pengguna kini dapat edit klip video, audio, stiker, dan overlay teks yang diunggah semua di layar yang sama tanpa harus melakukannya dalam laman terpisah.

TERKAIT  Problem Sampah di Deli Serdang dan Kota Medan Makin Parah

Instagram turut menghadirkan timeline di laman edit video Reels, membantu pengguna mengatur klip audio dan video dengan tepat serta menciptakan transisi yang lebih mulus. Lagi-lagi ini mengingatkan kita dengan fitur edit video TikTok.

BERSPONSOR

Fitur baru terakhir adalah Reels Insight, fitur analisis performa konten IG Reels pengguna. Fitur ini akan menampilkan total waktu yang dihabiskan pengguna yang menonton IG Reels kita, termasuk replay dan rata-rata waktu menonton video.

Secara teori, menggunakan audio dan hashtag yang tengah tren akan lebih berpotensi membuat postingan Reels pengguna menjangkau lebih banyak audiens.

Sebelumnya, konsep serupa telah digunakan TikTok dan berpotensi membuat musisi serta lagu di aplikasi lebih sukses dan populer.

Seperti diketahui, upaya Instagram meniru fitur TikTok telah merugikan platform jutaan dolar, pembaruan aplikasi yang tak terhitung jumlahnya.

- Advertisement -

Sejauh ini, Instagram belum mampu mengejar perusahaan tersebut. Dokumen Meta internal yang diperoleh The Wall Street Journal, dikutip The Verge, Selasa (13/9/2022), menggambarkan Instagram yang berjuang mengadili pembuat konten.

Dibandingkan dengan 197,8 juta jam yang dihabiskan pengguna di TikTok sehari, pengguna Instagram menghabiskan 17,6 juta untuk menonton Reels.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU