spot_img

Utte Tea, Perasan Jeruk  Purut Penghalau Lelah yang Berkarat

SAMOSIR – Pernah merasakan tubuhmu dibungkus rasa lelah yang terasa menekan hingga ke tulang? Itu pasti membuat wajahmu lesu dan dahi mu ikut berkerut. Untuk menghalau lelah yang berkarat itu, saatnya minum Utte Tea. Sejenis minuman lemon, warisan leluhur. Bahanya jeruk purut atau dalam bahasa Batak disebut anggir.

Untuk menikmatinya, kita traveling ke Sianjur Mulamula tepatnya di Desa Aek Sipitu Dai. Di dekat situs budaya Aek Sipitu Dai (Air tujuh rasa) itulah tempat kita akan menikmati kesegaran minuman yang tiada duanya di bumi ini.

Tujuan NINNA.ID adalah Frans Coffee milik Fransisco Naibaho. Di cafe-nya ini, tersedia Utte Tea, berbahan jeruk purut dengan tekstur kulitnya yang tebal dan berkerut. Rasa asamnya kuat dan sedikit pahit, membuatnya unik.

Begitu pesanan Utte Tea mendekat di nampan waiters, aroma jeruk purut yang kuat langsung merebak, memenuhi ruangan. Belum diminum, pernafasan sudah terasa lega.

Saat mengalir ke mulut melalui sedotan, rasanya wow. Segarnya unik. Lidah kita sesekali merasakan rasa pahit, tapi sekejap.  Pahitnya bukan seperti pahit obat yang ingin kita muntahkan. Tidak juga sepahit daun papaya. Benar-benar sulit memadankan rasa pahit jeruk purut ini.

Bagi orang Batak, jeruk purut atau anggir atau ada sebagian menyebutnya utte pangir, bukanlah buah biasa. Selain memang kaya kandungan vitamin C, utte pangir dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Utte Pangir, juga sering digunakan dalam ritual sakral dalam adat Batak.

TERKAIT  Hutanami Resto, Menu Nasional Khas Andaliman

Minuman Utte Tea ini boleh dikonsumsi siapa saja dan tanpa batasan umur. Pemilik Café Frans Coffee percaya, Utte Tea belum ada diproduksi di tempat lain di dunia ini, selain di tempatnya di Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir.

Dalam meracik Utte Tea, ternyata Fransisco Naibaho, menggunakan air dari Aek Sipitu Dai yang tersohor itu. Hmm, mungkin ini juga faktor membuat rasanya sangat nikmat dan unik.

Nah, bro dan sista NINNA.ID. Jika sedang traveling ke Sianjurmulamula nikmati beberapa destinasi wisata di sana seperti Batu Sawan, Sigulatti dan Geopark Centre.

Frans Coffee
Suasana Frans Coffee, ala resto di Sianjur Mulamula

Sepulang adventure di kawasan yang eksotis itu, pasti membuat badan letih. Untuk menghalau rasa letih itu, jangan lewatkan segelas minuman segar dengan rasanya yang unik ini.

Tidak butuh lama, ternyata NINNA sudah membuat gelas berisi Utte Tea tadi nyaris kering. “Bang, boleh buatkan satu gelas lagi?” Fransisco Naibaho tersenyum mengangguk.

 

Penulis   : Febe
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU