UMKM Toba Ikuti Sosialisasi Pendampingan Sertifikasi Halal

BERSPONSOR

TOBA – Bertempat di Cafe ITA Hollywood Balige Kabupaten Toba, Sabtu (08/10/2022), asosiasi UMKM Toba melaksanakan sosialisasi sertifikasi halal bagi anggota asosiasi. Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif mandiri dari asosiasi UMKM Wilayah Toba.

Asosiasi yang dinakhodai Rosita Silalahi ini secara khusus mendatangkan Samsudin Siregar, selaku pendamping proses produk halal dari Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penyampaian sosialisasi halal oleh pendamping Samsudin Siregar diawali dengan menyampaikan pentingnya pemahaman konsep halal pada produk yang dihasilkan oleh UMKM Toba.

Senada, Rosita Silalahi menyampaikan, selama ini jajanan kuliner khas Toba masih dinikmati kalangan tertentu saja. Jadi dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kelak kuliner khas Toba akan semakin diminati semua kalangan. Intinya permintaan pasar akan produk-produk berlabel halal dari kawasan Toba akan terpenuhi.

BERSPONSOR

Dalam proses pengurusan halal sendiri ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Mulai dari Pelaku usaha mengajukan permohonan ke BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Selanjutnya BPJPH memeriksa dokumen dan menetapkan LPH (Lembaga Pemeriksa Halal). Lalu LPH memeriksa dan atau menguji pelaku usaha yang hasilnya diserahkan ke MUI (Majelis Ulama Indonesia).

TERKAIT  ASN Kemenhub Ditemukan Meninggal Dunia di Kamarnya

Selanjutnya MUI menyelenggarakan sidang fatwa hingga BPJPH menerbitkan Sertifikasi Halal. Selain tahapan di atas untuk bisa lolos verifikasi rumah produksi tentu harus terpisah dari dapur rumah tangga. Juga proses pengolahan yang harus memenuhi standart yang sudah ditentukan dan dalam pengawasan yang dilakukan oleh penyelia halal.

Pada kesempatan ini, 8 orang anggota UMKM Toba yang mengikuti Sosialisasi Pendampingan Sertifikat Halal mengaku sangat terbantu dengan adanya acara ini. Mereka berharap bisa lolos dan produk mereka sesegera mungkin mendapatkan label halal.

UMKM toba
Olahan Tipa-tipa dalam bentuk Cookies dari Food Mora Toba.(foto:asmon)

Sebelumnya sudah ada beberapa produk kuliner khas Toba yang sudah tahap pengurusan label halal. Tipa Cookies produksi Food Mora Toba insya Allah tidak lama lagi akan dapat label halal, ujar Julianty Simamora selaku pemilik rumah produksi.

BERSPONSOR

Dalam kesempatan tersebut Hukdin Samosir yang sehari hari menjabat sebagai KTU Kemenag Kabupaten Toba menyampaikan, untuk sertifikat halal ini gratis dan difasilitasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU