spot_img

Tumpeng Ala Batak dari Humbahas

HUMBAHAS – Tumpeng dikenal sebagai makanan ciri khas suku Jawa. Makanan ini biasa disajikan pada saat acara-acara tertentu, seperti syukuran ulang tahun, syukuran keberhasilan, syukuran rumah baru (mobil baru dan barang lainnya), maupun momen-momen bersejarah. Konon, jika ada acara tanpa tumpeng ini, maka acara  tersebut diyakini tidak sah.

Tumpeng ini  biasanya terdiri dari nasi kuning, perkedel, urap, mi goreng, telur, kentang sambal, dan ayam Kalasan tapi bisa juga reguest menu dengan menu khas Toba, seperti ayam kampung napinadar, arsik ikan mas, jahir bakar sambal andaliman dan kuliner khas Batak yang lain.

Nah, awalnya usaha ini saya geluti setahun yang lalu, sebatas iseng mau jual nasi kuning untuk sarapan pagi. Ternyata, puji Tuhan, ada yang minta dibuatkan tumpeng. Saya langsung buka-buka Youtube dan belajar cara membuat nasi tumpeng beserta garnishnya (hiasan tumpeng).

Alhasil, selama pandemi Covid-19 ini, kugeluti usaha nasi tumpeng dan puji Tuhan sudah mencapai hampir 200 tumpeng terjual. Bahkan pernah ada sampai lima tumpeng sehari.

Untuk harga  tumpeng disesuaikan dengan menunya, tapi harga normal dengan menu biasa, bisa dipesan dengan Rp 300.000, untuk ukuran makan delapan  orang. Sementara tumpeng besar di harga Rp 500 ribu, dengan menu biasa untuk kapasitas makan 15 orang .

TERKAIT  Kapal Wisata Tradisional, Andalan Mengarungi Danau Toba

Berikut ini informasi seputar usaha kreatif Diva.
– Nama owner: Sanny Aritonang
– Nama usaha: DIVA
– Makna nama usaha: Seturut dengan nama putri owner, DIVA .

Bahan- bahan nasi tumpeng ala Batak:
1.Nasi kuning dari beras putih/beras ketan/disesuaikan selera
2.Perkedel
3.Urap
4.Teri/kentang sambal
5.Telur sambal
6.Migoreng
7.Ayam goreng kalasan atau ayam kampung napinadar, jahir bakar sambal andaliman, disesuaikan selera dan budget.
8.Masa expirenya: Hanya bertahan satu hari.
9.Cara memesan, hubungi nomor O82165451235

Untuk pemesanan lokal, tidak perlu membayar panjar. Namun, panjar atau uang muka bagi pemesan luar Doloksanggul wajib dilakukan terlebih dahulu.

Layanan lain bagi konsumen, jasa antar ke tempat untuk kawasan Kota Doloksanggul. Namun pemesan luar daerah, harus menjemput sendiri.

 

Sumber : Citizen Jurnalis
Editor     : Mahadi Sitanggang

Berita sebelumnyaTorsani Ulos Mangiring
Berita berikutnyaPenanggalan Batak Toba (II)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU