spot_img

Tugu Ombus-ombus yang Legendaris

TAPUT – Daerah di kawasan Kaldera Toba ini, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Utara, dikenal bukan karena hasil buminya, atau panorama indahnya. Tidak pula karena tempat kelahiran tokoh berpengaruh. Nama daerah ini Siborongborong, sangat dikenal di Sumatera Utara karena lepat Batak-nya, Ombus-ombus. Saking legendarisnya, pemerintah setempat membangun Tugu Ombus-ombus sebagai ikon Kecamatan Siborongborong,

Walau saat ini telah ada Bandara Internasional Silangit di Kecamatan Siborongborong, tapi tetap saja, identitas Siborong-borong masih lebih identik dengan Ombus-ombus. Bandara Silangit justru semakin mendongkrak nama Ombus-ombus ke kancah lebih luas lagi.

Tugu Ombus-ombus yang dibangun tepat di pusat keramaian Siborongborong itu, terlihat sangat mencolok. Ukurannya bisa dikatakan tidak biasa. Super jumbo bagaikan patung raksasa, dan selalu menjadi pusat perhatian, khususnya bagi pelintas.

Keunikan patung itu telah menjadikannya sebagai titik pertemuan terkenal dari beberapa daerah. Apalagi letaknya berada pada persimpangan menuju Kota Doloksanggul, Kota Tarutung, Kecamatan Sipahutar dan menuju Kabupaten Toba.

“Di Patung Ombus-ombus itu saja kita ketemu ya”. Demikian biasanya beberapa orang menunjuk tugu itu sebagai tempat pertemuan.

Dijadikan sebagai titik pertemuan, maka oleh warga di sana, sekitar Tugu Ombus-ombus didesain dengan nyaman dan semakin menarik, meski butuh perhatian terkait dengan kebersihannya.

TERKAIT  Pesona Air Terjun Siringo dengan Tujuh Tingkatan

Sekarang, di sana ada coffeeshop hingga miniatur rumah Batak. Menunggu teman yang belakangan sampai menjadi tidak membosankan.

Tugu Ombus-ombus ini ditaksir memiliki tinggi sekitar 4 meter. Diresmikan pada Tahun 1986 oleh Bupati Tapanuli Utara saat itu, G Sinaga.

Tugu ini terdiri dari patung seorang manusia dengan identitas laki-laki berbaju kemeja putih dengan kaos dalam merah serta topi dan celana hitam. Tak ketinggalan ada seperti handuk merah di bahu kirinya.

Pria ini digambarkan sebagai seorang penjaja Ombus-ombus dalam wadah berupa kotak warna merah bertuliskan “Ombus-ombus Las Kede”, di atas sepeda onthel.

Tugu Ombus-ombus ini sekarang menjadi objek fotographi, terlebih bagi tamu-tamu hotel yang berada di dekat tugu itu.

Bagi bro dan sista, jika berencana datang menemui kerabat ke Siborongborong, jadikan tugu ini sebagai titik, agar pertemuan lebih mudah terjadi. Selain itu, bolehlah mencicipi rasa asli Ombus-ombus Siborongborong, pasti membuatmu ketagihan.

 

Penulis    : Jogi S
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU