Menteri PUPR Tinjau Gempa Taput

Tugas PUPR Merestorasi Fasum, Fasos, dan Rumah Rusak Berat

BERSPONSOR

TAPUT – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan menangani kerusakan serius pada rumah penduduk, fasilitas sosial dan fasilitas umum akibat gempa yang melanda Kabupaten Tapanuli Utara.

“Seperti biasa, tugas PUPR adalah merestorasi bangunan umum dan sosial, gereja, pasar, masjid, dan kantor,” kata Basuki di rumah dinas Bupati Taput, Jumat (07/10/2022).

Menteri PUPR datang ke Kabupaten Tapanuli Utara untuk meninjau kerusakan fasilitas dampak gempa bumi. Kementerian PUPR, kata Basuki, akan mengelola langsung perumahan warga yang mengalami rusak berat.

“Tadikan sudah lihat, masjid, gereja, sekolah, jembatan, saluran irigasi, tanggul-tanggul sungai akan kita perbaiki. Itu untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial. Untuk yang rusak berat (rumah warga) akan kami kerjakan setelah datanya terverifikasi, tidak hanya oleh Bupati, namun harus diverifikasi oleh pihak kepolisian maupun kejaksaan,” jelas Basuki.

BERSPONSOR

“Tidak hanya by name, by address. Tapi nanti dilihat, jangan sampai salah taksir. Kalau itu sudah jelas, baru kita tindak lanjuti. Tapi kalau fasus, fasum akan segera kita tindak lanjuti,” imbuhnya.

Untuk rumah rusak ringan sampai sedang, kata Menteri, BNPB nanti yang akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat untuk perbaikannya.

TERKAIT  Piala Gubernur di Zona 9: SMA 1 Doloksanggul, SMA 1 Parlilitan, dan SMA 1 Lintong Juara Grup

Menurutnya, upaya “recovery” atas dampak kerusakan akibat gempa tidak akan membutuhkan waktu yang lama karena tidak mengakibatkan kerusakan masif.

“Untuk tanggap bencana, manajemen kami di bawah BNPB. Jadi kami ke sini juga, pertama atas perintah Bapak Presiden,” tukasnya.

BERSPONSOR

Sebelumnya, Ketua Sekretariat Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Taput, Indra Sahat Hottua Simaremare mengatakan, pihaknya tengah merehabilitasi sebanyak 1.285 unit rumah warga yang rusak hasil validasi sekretariat sebagai dampak bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Tapanuli Utara.

“Meski ada sebanyak 2.626 unit rumah warga rusak yang dilaporkan, namun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data di sekretariat posko, hanya ada sebanyak 1.285 rumah rusak yang akan direhabilitasi,” terang Indra, Jumat (0/10/2022).

Sebanyak 1.285 unit rumah warga rusak dalam data sementara hasil validasi posko akan direhabilitasi sesuai kategori kerusakan ringan sebanyak 64 unit, 606 unit rusak sedang, serta 588 unit rumah yang mengalami kerusakan berat.

 

- Advertisement -

Penulis   :  Rollis
Editor      :  Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU