spot_img

Trip Situmurun Waterfall, Via Sitamiang Onanrunggu Samosir

TOBA – Melihat secara dekat keindahan dan merasakan kesegaran Air Terjun Situmurun sangat didambakan adventurer, terlebih jika sudah melihat pesonanya melalui dunia maya. Hasratnya pasti menggebu ingin segera ke Desa Hatinggian, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Tidak adanya akses darat menuju air terjun ini, malah menjadi ciri khas yang menguntungkan dalam menjaga Air Terjun Situmurun atau nama lainnya, Binangalom ini tetap terjaga keasriannya.

Air terjun Situmurun 3
Kapal wisata tradisional menjadi andalan menuju Air Terjun Situmurun.(Foto:drone)

Pesona air terjun ini bak godaan wanita cantik yang sangat sulit untuk diabaikan. Dari kejauhan, rasa ingin segera mendekat ke Air Terjun Situmurun terus menggelora.

Umumnya, para adventurer menuju air terjun ini melalui trip Balige, trip Parapat atau trip Tomok. Semuanya tetap  harus menggunakan kapal, sebagai satu-satunya moda transportasi.

Berbeda sendiri, kali ini ninnA.id menempuh trip Sitamiang Onanrunggu Kabupaten Samosir. Berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Pangururan, perjalanan menuju Sitamiang Kecamatan Onanrunggu, sama dengan menempuh separuh keliling Samosir.

Tak usah khawatir, ruas jalan dari hotmix masih terpelihara dengan baik. Sepanjang perjalanan, pastinya tetap ditemani alam indah kawasan Danau Toba yang tak perlu diragukan.

Perjalanan darat berhenti di Dermaga Lagundi, dan akan dilanjutkan dengan kapal wisata tradisional menuju Air Terjun Situmurun. Tidak ada yang tahu pasti berapa jarak tempuh dari Dermaga Lagundi sampai ke Air Terjun Situmurun.

Terlepas dari kepastian jarak itu, saat berdiri di dermaga saja, pesona air terjun sudah terpancar bagaikan siluet gadis nan sexy. Dari kejauhan, garis putih tumpahan airnya bagaikan gaun yang terus bergerak menutupi body goals.

TERKAIT  Bukit Kembar dari Aek Si Pitu Dai, Celahnya Begitu Menggoda

Sebelum bro dan sista menempuh trip ini atau trip yang lain, kali ini ninnA.id ditemani nahkoda berpengalaman ke sana, Mr Donny. Hanya dengan rate sebesar Rp 700.000, para adventurer dari kelompok dan asal yang berbeda sudah seharian menikmati perjalanan.

Tidak butuh waktu 30 menit perjalanan, keindahan Air Terjun Situmurun sudah terekspos di depan mata. Beberapa orang  dalam perjalanan dengan ninnA.id, mulai sibuk dengan camera dan handphone masing-masing. Ternyata, keseruan dan keindahan yang selama ini terlihat di media sosial, belum seberapa jika sudah sampai di sini. Tempat ini sungguh luar biasa.

Air terjun Situmurun 2
Setibanya di Air Terjun Situmurun, saatnya menikmati kesegaran air di kawasan ini.(Foto:febe)

Beberapa orang terlihat sudah tak sabar ingin menikmati kesegaran air terjun yang telah menyatu dengan Danau Toba. Melompat dari kapal dan sepuasnya berenang sambil menatap tebing dan jatuhan air terjun, seakan tak ada puasnya.

Sedikit lelah dan dingin setelah berenang, saatnya dihangatkan dengan menyeruput kopi tubruk ala Situmurun. Walau kopi sederhana, tapi menyeruput kopi di sini jadi istimewa dengan keseruan sekitar. Warga dari perkampungan terdekat, ternyata telah mempersiapkan dagangannya untuk para adventurer.

Air terjun situmurun 4
Atraksi salto seorang adventurer di kawasan Air Terjun Situmurun.(Foto:febe)

Seharian berada sekitar di Air Terjun Situmurun terasa singkat. Berenang, atraksi salto dari tebing ke danau,  terkadang jelajah tebing tak terasa harus diakhiri. Perlahan bergerak pulang, mata tak berkedip menatap pesona keindahan Air Terjun Situmurun.

 

Penulis    : Febe
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU