spot_img

Tongging Gerbang Besar Menuju Danau Toba

KARO – Danau Toba dengan berbagai pesonanya selalu mendapat tempat di hati semua wisatawan yang datang ke sana. Dari puluhan atau bahkan ratusan desa di sekitar Danau Toba, kali ini kita ke Desa Tongging di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Desa ini dikenal juga sebagai pintu gerbang besar menuju Danau Toba.

Desa Tongging yang merupakan bagian Utara dan bagian penting dari Danau Toba ini, layak dijadikan pilihan untuk mencari tempat yang nyaman untuk santai karena tempat ini juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan berkantong tebal maupun pecinta alam yang biasanya datang seadanya.

Letak yang tidak terlalu jauh dari Kota Medan serta kondisi infrastruktur jalan yang sudah baik menuju objek wisata ini, diyakini menjadi magnet baru bagi para wisatawan ke Danau Toba.

Jalan menuju Tongging yang berliku dan tikungan yang tajam, menjadi pengalaman tersendiri, apalagi sepanjang jalan mata sudah mulai dimanjakan dengan pemandangan Danau Toba  yang sangat indah.

Jalan yang berliku-liku dengan tikungan tajam akan terlupakan begitu tiba di Tongging yang indah dengan 90 persen masyarakatnya berasal dari Toba, dari Pulau Samosir.

Saat ini di Tongging sedang dibangun satu dermaga penyeberangan yang mewah, sebagai penghubung menuju Pulau Samosir. Dari Tongging, kita juga bisa melihat hempasan keindahan air terjun Sipiso-piso yang membelah Desa Tongging dan airnya sampai ke bibir Danau Toba.

TERKAIT  Melirik Potensi Agrowisata di Kawasan Kaldera Toba
Desa Tongging 2
Desa Tongging di tepi Danau Toba.(foto:jogi)

Komunikasi sehari-hari warga di desa ini sangat beragam. Perpaduan bahasa tiga suku yaitu Batak Toba, Pakpak dan Karo menjadi sangat menarik untuk didengar.

Saat ini, selain pembangunan dermaga penyeberangan, titik-titik wisata juga sudah mulai terlihat. Beberapa home stay yang bernuansa rumah Batak sudah dibangun di Desa Tongging dan beberapa villa dengan fasilitas kolam renang juga sudah tersedia di tempat ini.

Menariknya lagi, jika ingin meneruskan rute perjalanan dari tempat ini ke objek wisata Tao Silalahi di Kabupaten Dairi sudah bisa ditempuh dengan waktu tempuh hanya 40 menit, melalui jalan darat. Di sepanjang jalan menuju Tao Silalahi, pedagang buah jeruk serta pemandangan hamparan Danau Toba nan biru tersaji memanjakan mata.

Tunggu apa lagi bro dan sista ninnA. Yuk berwisata menikmati keindahan alam Danau Toba dari Desa Tongging di Kabupaten Karo.

 

Penulis    : Jogi.S
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU