spot_img

Toba Caldera Geopark Youth, Ajak Pemuda Jelajahi Kaldera Toba

SAMOSIR – Toba Caldera Geopark Youth yang diselenggarakan Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) melakukan kegiatan empat hari, sejak 27 Oktober hingga 30 Oktober. Kegiatan ini melibatkan 50 pemuda dari berbagai kota di Indonesia, untuk menjelajahi Kaldera Toba.

Ke 50 pemuda ini datang dari seluruh kawasan Danau Toba serta beberapa anak muda  dari Kota Medan, Bengkulu dan Jakarta.

50 pemuda 3
Peserta Toba Caldera Geopark Youth di Geosite Batuhoda Beach Simanindo Kabupaten Samosir.(Foto:jogi s)

Pusat  kegiatan Youth Camp diadakan di Batu Hoda Beach, Simanindo. Di sini, para peserta mendirikan tenda di atas pasir, sebagai akomodasi selama kegiatan.

Pada hari pertama Rabu 27 Oktober, setelah mendapatkan arahan, para pemuda ini memulai tournya dengan menjajal informasi tentang Geopark ke Pusat Informasi  Geopark, yang berada di lereng Gunung Pusuk Buhit. Setelah melihat langsung proses geologi Kaldera Toba, di tempat itu juga, anak anak itu muda berikrar bersama dalam semangat sumpah pemuda.

Untuk hari kedua Kamis 28 Oktober, perjalanan ke Desa Wisata Hutatinggi membuat para peserta terkesima. Di sini, mereka diajari bagaimana proses pembuatan susu kerbau. Peserta dilibatkan secara langsung, mulai memasak hingga mencicipinya.

TERKAIT  Menikmati Pantai Danau Toba yang Hangat di Siregar Aek Nalas
50 pemuda 2
Seorang peserta Toba Caldera Geopark Youth memasak susu kerbau.(Foto:jogi s)

Tidak berhenti di situ, para peserta kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Danau Sidihoni yang juga merupakan salah satunya Geosite yang berdekatan dengan Hutatinggi.

Sementara untuk hari ketiga Jumat 29 Oktober, para peserta mengunjungi Geosite Tomok, Batu Gantung hingga ke Sigapiton dengan menggunakan kapal wisata tradisional. Dan, sore harinya singgah ke rumah kaca di Kecamatan Simanindo.

Seorang peserta, Sion Siburian asal Silalahi Dairi mengaku, sangat senang bergabung dalam Toba Caldera Geopark Youth sebab bisa melihat langsung berbagai kawasan Kaldera Toba, khususnya yang ada di Kabupaten Samosir.

“Senang bisa berada di sini, saya pun baru pertama sekali ke Pulau Samosir,” katanya.

Lulusan SMA tahun lalu ini mengatakan, semua informasi yang didapatkannya selama mengikuti kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih dalam promosi-promosi pariwisata di Tao Silalahi tempat ia tinggal.

Sion berharap Toba Caldera Geopark Youth ini berkelanjutan, agar generasi muda semakin mencintai kawasan Danau Toba.

 

Penulis   : Jogi S
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU