spot_img

Titik Strategis Menikmati Parapat dan Ajibata Ada di Sini

TOBA – Sudah pernah berwisata ke Ajibata atau ke Parapat? Kedua kota ini berada dipinggir Danau Toba. Antara kedua kota ini hanya dibatasi oleh jalan. Lalu kenapa tidak dijadikan satu kota saja?

Ternyata kedua kota ini, walau berdampingan seperti disebut di atas hanya dibatasi oleh jalan, secara administratif masing-masing berada pada kabupaten yang berbeda. Kota Parapat masuk kedalam wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sementara Ajibata masuk wilayah Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Kedua kota yang saling berdekatan ini sama-sama daerah tujuan wisata. Di kota Parapat tersedia puluhan jenis penginapan dengan  fasilitas yang berbeda beda. Mulai dari Home Stay hingga Hotel berbintang dengan mudah bisa kita jumpai.

Ingin hotel yang menghadap langsung ke Danau Toba atau hotel yang berada di atas bukit, tinggal kita memilih di kota ini. Kedua kota ini juga sama-sama memiliki pantai yang indah.

Di Parapat ada Pantai Pagoda dan Ruang Terbuka Publik  (RTP) Pantai Bebas Parapat. RTP Pantai Bebas Parapat, kini semakin keren karena sudah dilengkapi wahana bermain dan spot selfie.

Sementara itu di Ajibata juga terdapat pantai Long Beach yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kota ini juga memiliki dua pelabuhan penyeberangan khusus kapal fery yakni Dermaga Fery khusus KM  Tao Toba yang merupakan milik swasta dan pelabuhan plat merah tempat KM Ihan Batak dan KM Pora-Pora bersandar.

Uniknya, kedua kota yang berdekatan ini masing-masing punya pasar (onan) dengan hari pekan yang sama yakni pada hari Sabtu. Padahal jarak kedua pasar (Pasar Tiga Raja dan Pasar Ajibata) hanya 1 kilometer.

Bagi bro dan sista yang sudah pernah ke sini tentu memakan waktu yang lama untuk menjelajah semua fasilitas yang tersedia di kedua kota ini. Tapi siapa sangka, ternyata ada satu titik agar landscape kedua kota ini bisa kita lihat hampir seluruhnya.

TERKAIT  Serunya Memberi Makan Monyet Liar di Tepi Jalan Tele

Hampir seluruh kota Parapat terlihat dari titik ini. Hotel-hotel yang berjejer di jalan lintas Parapat – Pematang Siantar bahkan terlihat cukup jelas dari sini. Dikejauhan Hotel Patra Comfort juga masih terlihat samar. Hotel Danau Toba Cottage yang terkenal dengan kamar-kamarnya yang terpisah dan bertingkat pada dinding bukit di tepi Danau Toba dengan bentuk rumah adat Batak Toba akan membuat siapa saja yang melihatnya terpana.

Suguhan landscape perpaduan antara kota, danau serta gugusan bukit barisan tentunya sangat menggoda mata jika dilihat dari sudut ini.

Gereja HKBP Parapat yang terlihat menjulang seakan mengingatkan kita untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Penasaran dengan titik pandang yang satu ini?. Tempat atau Penatapan dimaksud yakni sebuah tikungan pada jalan menanjak dari Ajibata menuju Desa Motung. Penduduk setempat ada yang menamai tempat ini dengan sebutan silang (salib), karena ditempat itu memang ada makam dengan salib di atasnya.

Ajibata atau Parapat hanya hitungan menit berkendara sudah sampai di titik keren ini. Rutenya Parapat, lalu ke Ajibata, lanjut jalan mendaki menuju Sibisa. Nah saat mendaki tanjakan ini pasti bro dan sista akan melewati tekongan dengan sudut pandang terindah ini. Atau jika bro dan sista sedang berada di Bukit Gibeon atau The Kaldera Sibisa silahkan turun ke Parapat lewat Motung pasti akan melewati tempat keren ini.

Saat ninna berkunjung kesini sudah mulai ada material bangunan di lokasi. Mungkin mau bangun warung berikut tempat selfie. Semoga.

 

Penulis    : Asmon
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU