Tips Rumah Aman Selama Liburan Nataru 2023

BERSPONSOR

NINNA.ID – Liburan Natal dan Tahun Baru telah tiba. Segala persiapan tentu sudah harus dicicil dari sekarang, termasuk persiapan untuk meninggalkan rumah. Mengutip dari Rumah.com, agar rumah tetap aman berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan sebelum berlibur.

1. Buatlah Sebuah Ilusi

Terkadang berbohong demi kebaikan itu penting. Ketika Anda ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama, sebaiknya Anda sedikit membuat ilusi, seolah rumah Anda benar-benar tidak kosong dan masih berpenghuni.

Sebagai contoh, jika sudah larut, lampu harus dalam kondisi menyala. Dan ketika terik, lampu dalam kondisi mati. Satu hal tips juga untuk Anda.

BERSPONSOR

Lebih baik menggunakan jenis lampu yang menggunakan sensor otomatis. Agar lampu Anda tidak selalu menyala setiap waktu.

2. Ikut Jasa Asuransi Rumah

Menggunakan jasa asuransi rumah mungkin sudah biasa Anda lakukan. Namun, kali ini Anda dianjurkan untuk menggunakan jasa asuransi rumah untuk pengawasan saat Anda berlibur.

Di India jasa asuransi rumah selama liburan ini sudah sangat marak. Dengan premi sebesar Rs 8.000 per tahun atau sebesar Rp. 1.673.665 per tahun Anda sudah bisa meninggalkan rumah dengan tenang.

BERSPONSOR

3. Cabut Semua Kabel Elektronik

Rumah terbakar kerap terjadi pada kondisi rumah yang kosong oleh penghuninya. Terkadang kita lupa untuk mencabut semua kabel elektronik di rumah, atau bahkan kita hanya mematikan elektronikan namun kabel masih dalam kondisi terhubung dengan stop kontak.

Ini sangat berbahaya. Oleh sebab itu, sebelum Anda meninggalkan rumah, ada sebaiknya untuk mencabut semua kabel elektronik di rumah Anda.

TERKAIT  KPK Dituding Kriminalisasi Anies Lewat Kasus Formula E

4. Pasang Alarm Otomoatis

- Advertisement -

Menggunakan alarm otomatis sangatlah penting ketika tidak ada satupun yang bisa diandalkan. Alarm otomatis biasa dipasang di dekat pintu dan jendela.

Alarm otomatis terbilang praktis, pemasangan tanpa kabel membuat alarm otomatis tidak memakan tempat dan memiliki suara yang sangat keras. Kisaran harga alarm otomatis di pasaran sebesar Rp. 75.000. Cukup terjangkau, bukan?

5. Alihkan Alamat Pengiriman Koran Berlangganan

Jika Anda berlangganan Koran, disarankan untuk mengalihkan alamat pengiriman Koran ke alamat tetangga Anda atau pos satpam yang sudah Anda titipkan selama Anda berlibur.

6. Amankan semua barang berharga Anda

Terakhir, Anda disarankan untuk mengamankan semua barang-barang berharga seperti, perhiasan, uang, dokumen-dokumen penting seperti surat tanah, surat rumah, dan surat berharga lainnya ke dalam brankas atau jika ingin lebih aman, bisa dititipkan pada brankas di bank. Hanya saja, untuk penitipan di brankas memerlukan.

7. Meminta Pertolongan Tetangga untuk Memantau Rumah

Jika Anda memiliki rekan yang berdekatan dengan rumah Anda, sebaiknya Anda meminta tolong agar mereka memantau kediaman Anda dari orang-orang asing.

Jangan lupa untuk menitipkan kunci rumah dan kendaraan Anda seperti mobil dan motor kepada tetangga Anda. Hal ini agar lebih memudahkan tetangga Anda untuk memantau kondisi rumah.

Demikian tadi agar rumah tetap aman yang bisa Anda lakukan sebelum berlibur.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU