spot_img

Tinta Pemilu Gambir Pakpak, Alami dan Tahan Lama

PAKPAK BHARAT – Tidak banyak yang tahu, ternyata ada jenis tinta pemilu alami dari Pakpak Bharat. Bahannya dari gambir dan diproduksi Perusahaan Umum Daerah Pakpak Agro Lestari (Perumda PAL) Kabupaten Pakpak Bharat.

Tinta Pemilu produk Perumda PAL ini memeliki kelebihan dari produk sejenisnya. Dibuat dari bahan alami atau herbal: ekstrak tanaman Uncaria Gambir (Roxb), tinta ini memiliki daya lekat lebih kuat, serta tidak membuat iritasi kulit.

“Tinta yang kita produksi ini sudah digunakan beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Dairi, Karo, Bangka Belitung, Serdang Bedagai dan Cirebon untuk penanda jari saat pilkades,” Kata  Manager Produksi Dan Pemasaran Perumda Pal, Juanto Haloho saat berbincang dengan ninnA baru-baru  ini.

Selain untuk pesta demokrasi, kata Juanto, Tinta Pemilu Perumda PAL ini juga sudah digunakan sebagai pewarna untuk tekstil/batik dan juga untuk tinta stempel.

Proses pengujian dan  standarisasi Tinta Pemilu ini didukung oleh beberapa lembaga, di antaranya Balai Riset Standarisasi Industri (Baristand) Padang, Kemenperin dan BPOM Jakarta serta LPPOM MUI Medan.

Kata Juanto, untuk penggunan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Tinta Pemilu Perumda PAL ini masih dalam proses registrasi di E-Katalog di Jakarta.

Disampakannya, bagi yang ingin menggunakan produk tinta pemilu gambir tersebut dapat menghubungi Perumda PAL atau di beberapa market place online.

TERKAIT  ZRM Instrument, Rumah Produksi Alat Musik Tradisional Batak

Dari sisi bisnis, pembuatan Tinta Pemilu dari getah gambir ini dapat menambah nilai ekonomi gambir dan diharapkan mampu mendongkrak harga jual gambari di tingkat petani gambir, khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat.

Selama ini, getah gambir, baik itu yang berbentuk pasta ataupun yang sudah dikeringkan masih sebatas untuk pelengkap sirih, obat tradisional dan diolah menjadi minuman gambir yang berkhasiat untuk kesehatan.

 

Penulis   : Lastro Banurea
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU