spot_img

“Tikungan Mesra” Si Pengikat Jodoh di Batu Lihi Simalungun

SIMALUNGUN – Melintasi Jalan Parapat – Medan via Simarjarunjung dan Saribu Dolok atau yang sering disebut sebagai jalur sejuta pesona itu memang mengasyikkan. Walau jalan ini sudah lebar dan cukup mulus serta tidak begitu ramai kendaraan namun seringkali saat melintasinya waktu tiba di tujuan menjadi lebih lama. Hal itu tak lain disebabkan oleh alam yang senantiasa menebarkan pesona hampir sepanjang jalan, membuat kita tergoda untuk bersantai sejenak menikmatinya.

Salah satu spot yang selalu menggoda perhatian traveler saat melintasi jalur sejuta pesona ini dikenal dengan Batu Lihi Star. Viewnya sudah tentu hamparan Danau Toba serta pulau Samosir di tengah nya. Di sisi kiri Ajibata dan Bukit Senyum terlihat cukup jelas. Daratan Tuktuk di pulau Samosir yang menjorok ke tengah danau menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler. Seperti namanya, Tanjung Unta yang juga menjorok ke dalam danau terlihat bagai unta yang sedang tidur di bawah sana.

Di sebelahnya bertebaran cincin-cincin raksasa yang kerap bikin traveler juga netizen berbeda pendapat. Cincin raksasa di permukaan danau itu, tak lain keramba jaring apung, milik salah satu perusahaan swasta pembesaran ikan. Bentuknya membentuk lingkar cincin raksasa, terlihat dari Batu Lihi.

Area selfie? Sudah tentu. Management Batu Lihi Star menyiapkan beberapa menara selfie di sekitar lokasi. Untuk masuk ke area selfie pengunjung laki-laki diwajibkan untuk memakai topi ulos serta untuk perempuan memakai ikat kepala yang disediakan untuk dipakai secara gratis. Untuk penggunaan area selfie pengunjung dikenakan biaya Rp5 ribu per orang. Pengunjung juga diimbau untuk menjaga kebersihan sebagaimana ditulis di papan pengumuman oleh management.

TERKAIT  Libur Singkat tapi Dapat Banyak di Kawasan Danau Toba

Namun ada satu hal di Batu Lihi Star yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata lainnya.  Penasarankan? Nah percaya atau tidak, di Batu Lihi ini ada sebuah titik yang konon jika sepasang kekasih berfoto di tempat itu, maka pasangan tersebut akan segera berjodoh dan akan hidup harmonis dan langgeng hingga kakek nenek. Jika yang berfoto adalah pasangan suami istri maka diyakini rumah tangganya akan bahagia selamanya. Hanya dengan berfoto saja? Ya. Dan saat berfoto, laki-laki harus mengenakan topi dan ulos sedang perempuan mengenakan sortali dan ulos.

Spot yang dipercaya tikungan ajaib itu disebut sebagai ”Tikungan Mesra”.

Batu Lihi
Destinasi Penatapan Batu Lihi di Simalungun digemari para kawula muda.(foto:asmon)

Kini Batu Lihi Star sudah dilengkapi dengan minimarket, penginapan serta tak lupa penyedia kuliner. Batu Lihi Star yang dikelola oleh Mak Niko ini, tidak mengenakan biaya parkir bagi kendaraan yang singgah.

Batu Lihi beralamat di Pematang Tambun Raya, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten SImalungun. Hanya butuh 30 menit berkendara dari Kota Parapat dan juga sekitar 30 menit dari Kota Pematangsiantar.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU