Tengah Viral di Jagat Maya, Ini Riwayat Perihal Firaun, Haman dan Qorun

BERSPONSOR

NINNA.ID – Gegara sentilan dari budayawan Emha Ainun Nadjib atawa Cak Nun, nama Firaun, Qorun dan Haman menjadi trending di jagat maya. Berikut penjelasan tentang tiga nama tersebut.

Seperti diketahui, dalam sebuah potongan video yang viral di media sosial, Cak Nun menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti Firaun.

Cak Nun juga menyinggung Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Haman serta pemilik Indomaret dan bos Indofood Anthony Salim sebagai Qorun.

Nama-nama tersebut merupakan tokoh yang disebutkan dalam teks Al-Qur’an terkait riwayat para Nabi dalam Islam.

BERSPONSOR

Firaun merupakan penguasa Mesir yang memiliki angkatan bersenjata paling digdaya pada masanya. Nama Firaun disebut 74 kali dalam Al-Qur’an yang mengacu pada Firaun di zaman Nabi Musa AS.

Firaun digambarkan sebagai penguasa yang menindas kaum lemah terutama bangsa Israel kala itu dan menganggap dirinya sebagai tuhan, seperti dikutip IQNA.

Firaun tak pernah percaya pada Tuhan selain dirinya. Dia akan memenjarakan dan menyiksa orang-orang yang berseberangan dengannya dengan berbagai cara.

Nabi Musa dikisahkan diangkat oleh Firaun sebagai anak ketika bayinya ditemukan di aliran sungai Nil oleh Istri Firaun.

BERSPONSOR

Nama Firaun atau Pharaoh sendiri merupakan istilah untuk penyebutan gelar raja-raja Mesir. Tentu banyak deretan nama-nama yang menjadi Firaun.

Penelitian tentang mumi-mumi Mesir terutama Firaun pun masih terus berjalan untuk memastikan fakta kesejarahan dan kehidupan mereka di masa lampau.

TERKAIT  Link Film 12 Strong Gratis Full HD di Bioskop Trans TV, Tayang Jam Berapa?

Sementara Haman merupakan sosok yang disebut enam kali dalam kitab suci umat Islam. Haman dikenal sebagai sosok yang membantu Firaun membangun istana setinggi langit.

Dalam surah Al-Qasas ayat 38, Haman diminta Firaun membangun istana tinggi agar Firaun bisa melihat tuhannya Nabi Musa. Dia ingin memastikan sendiri bahwa Musa berbohong soal tuhan yang selalu ia agungkan.

- Advertisement -

Qorun atau Qarun merupakan sosok yang kaya raya di zaman Nabi Musa AS. Qorun dikenal sebagai orang yang sombong, kikir, dan tertimpa nasib tragis semasa hidupnya.

Mengutip situs NU, penyebab kesombongan Qorun yakni harta kekayaannya yang sangat melimpah. Saking melimpah ruah, ia sampai lupa dengan “dzat yang menganugerahinya”.

Sosok yang merupakan paman Nabi Musa AS itu disebut senang keluar rumah dengan mengenakan baju mewah dan diiringi ratusan gadis berbaju merah serta empat ribu kendaraan kuda.

Meski kaya raya, Qorun sangat kikir. Ia tak rela mengeluarkan zakat kala diminta Nabi Musa.

Ia malah menghasut penduduk bani Israil dengan memfitnah Musa bahwa keponakannya tersebut hendak “mengambil harta” mereka.

Akibat tingkahnya itu, Qorun pun ditenggelamkan ke dalam bumi, seperti disebutkan dalam Surah Al-Qasas ayat 81. Dia diazab Allah dengan ditenggelamkan bersama dengan harta dan rumah mewahnya.

Istilah harta karun dalam bahasa Indonesia pun dipercaya sebagai serapan dari nama tokoh antagonis Qorun yang dibenamkan Tuhan ke dalam bumi beserta hartanya.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU