spot_img

Festival Gondang Naposo 2022

Temukan Cintamu di Negeri Indah Kepingan Surga

SAMOSIR – Akhirnya event pariwisata kembali digelar di Negeri Indah Kepingan Surga, setelah begitu lama tanpa event selama pandemi. Event pertama pasca pembatasan ini sangat familiar di Samosir dan sekitarnya, yang dikenal dengan Gondang Naposo, bertajuk Kisah Kasih Anak Muda Batak.

Ajang mempererat persaudaraan dan persahabatan ini, biasanya selalu bermuara dengan jatuh hati. Event menyambut kawula muda berbagi kasih ini begitu romantis. Maka ajaklah pasanganmu meramaikan. Bagi yang belum punya, temukan tambatan hatimu di Festival Gondang Naposo ini.

Dalam tortornya, hentakan kaki dan lekukan tangan Sang Gadis yang gemulai akan digoda dengan tatapan pesona Sang Pencari Tambatan Hati. Sesekali, senyuman tampak di wajah mereka ketika mata saling melirik penuh makna. Dengan iringan musik gondang Batak, keindahan Gondang Naposo semakin memberikan nuansa romantis. Inilah kisah kasih indah anak muda pada budaya orang Batak yang tetap terjaga.

Dengan thema “Ho do na hupillit” (engkaulah yang kupilih), festival akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 April 2022 di Pantai Indah Situngkir Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Para anak muda dari berbagai penjuru akan berkumpul dalam grup masing-masing yang terdiri dari minimal 13 orang (6 pasang dengan 1 orang parhata) dan maksimal 21 orang. Pada event ini, masing-masing grup akan berperan sebagai Hasuhuton (tuan rumah) dan Panatti (tamu yang datang).

Tortor yang akan ditampilkan terdiri atas tortor Mula mula, tortor Somba, tortor Mangaliat, tortor Hata Sopisik, tortor kreasi dan tortor Hasahatan Sitiotio. Satu tortor yang paling menarik adalah ketika para pemuda (naposo) memainkan tortor Hata Sopisik.

TERKAIT  Panel Induk Listrik Terbakar, RTP Parapat Gelap Gulita

Ada momen laki-laki dari panatti akan manortor dengan menampilkan pesonanya memilih gadis dari hasuhuton  dan menari bersama diiringi Gondang Hata Sopisik.

Puncak dari tortor ini ada pada momen si laki-laki berbisik kepada si gadis. Saat itu semangat lelaki pencari cinta akan semakin membara pada gerakan bisikan selanjutnya.

Bagi yang pernah mengikuti gondang naposo di tahun-tahun sebelumnya, momen indah ini sangat dirindukan.  Sayangnyaa event-event indah seperti ini harus takluk karena Pandemi Covid-19.

Bro and sista ninnA, Festival Gondang Naposo (FGN) ini bermula pada tahun 2013 dan untuk tahun ini, event FGN menjadi FGN yang ketujuh.

Yuk ke Samosir, saksikan tortor momen mencari cinta yang tak akan terlupakan. Sesuaikan liburanmu di tanggal persis perhelatan Festival Gondang Naposo.

Bagi yang sudah berpasangan, jangan sungkan untuk mengajak pasanganmu. Jadikan momen FGN 2022 sebagai momen mengikat janji hubungan yang lebih serius ke tahap berikutnya. Dan untuk yang masih jomblo, segera temukan cintamu kawan di FGB ketujuh ini. Wah, pasti semakin berkesan.

“Event ini merupakan rangkaian event yang disebut Horas Samosir Fiesta 2022, yang dilaunchign Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno beberapa waktu lalu,” jelas Kadis Pariwisa dan Budaya Samosir, Tetty Naibaho kepada ninnA.

 

Penulis   : Febe
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU