spot_img

Teh Herbal Daun Gambir yang Menyehatkan

NINNA.ID – PAKPAK BHARAT

Gambir merupakan tanaman yang banyak ditemui di daerah Kabupaten Pakpak Bharat. Kebiasaan di daerah ini, hasil endapan getah dari gambir yang dikeringkan digunakan warga untuk mengunyah daun sirih. Namun saat ini, daun gambir sudah diolah menjadi  bahan dasar minuman sedu seperti daun teh.

Di daerah ini, merek Teh Herbal Daun Gambir  merupakan produk dari Industri Kecil Menengah (IKM) Maju Bersama di Dusun Sondel Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatra Utara.

Teh gambir ini dikonsumsi secara rutin memberikan beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya dapat menambah imun, menghambat penuaan dini, memperlancar pencernaan dan juga bisa mengobati keluhan seperti sakit perut, maag dan juga diare. Sehingga teh herbal  ini sangat efektif untuk dikonsumsi setiap hari.

Jika teh herbal daun gambir ini diminum untuk mengobati keluhan seperti sakit perut dan maag serta penyakit lain, dianjurkan cukup ambil dua sachet teh gambir dan direndam dalam satu gelas  air panas tanpa memakai gula, dan diminum secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

TERKAIT  Binanga Cafe, Restoran di Tengah Aliran Sungai

Pemilik IKM Maju Bersama, Benar Bancin saat ditemui NINNA.ID  dilahan gambirnya, yang tidak jauh dari tempat produksi teh gambir, menceritakan mengenai awal mulanya produk ini hingga dipasarkan.

Ia menuturkan, pada tahun 2013 dirinya pernah mengikuti pelatihan. Sehabis mengikuti pelatihan itu, ia langsung berusaha menekuni untuk meracik teh dari daun tanaman gambir. Dia butuh beberapa kali eksperimen, hingga teh gambir miliknya, diterima pasar sejak tahun 2016 hingga saat ini.

Teh daun gambir ini dikemas dengan rapi dalam kotak berlabel Teh Daun Gambir Sondel, dengan warna kotak didominasi kehijauan. Untuk mendapatkan teh gambir ini cukup mudah, Jika sudah tiba di Kabupaten Pakpak Bharat, sudah banyak dipasarkan di berbagai toko. Bagi yang berkunjung ke Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, jangan lupa untuk menikmati teh herbal daun gambir ini dan jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

 

Penulis : Lastro
Editor   : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU