spot_img

Yuk Berwisata ke Pantai Tandarabun di Samosir

SAMOSIR – Namanya unik, Tandarabun. Jika dipisahkan kata “Tandarabun” menjadi kata “tanda rabun”, seolah punya arti tersendiri dalam Bahasa Indonesia. Tapi belum diketahui pasti mengapa nama pantai ini Tandarabun. Lokasi Pantai ini di Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, Samosir.

Pantai ini terbilang baru dibuka tahun 2018. Pantai ini tidak jauh dari pantai-pantai yang terkenal seperti Pantai Batu Hoda dan Sibolazi. Dari Tomok belok kanan menuju Pangururan, bila naik kendaraan bermotor atau mobil, mungkin butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke sini.

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan pantai ini karena berada di pinggir jalan. Di jalan besar terpampang tulisan Pantai Pasir Tandarabun di sebelah kanan jalan jika kamu dari Tomok. Dari pinggir jalan kamu akan melihat barisan penginapan dan latar parkir.

Tiket masuk Rp5 ribu. Parkir sepeda motor Rp5 ribu, mobil Rp10 ribu. Tapi bisa jadi tarif ini berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Sebagaimana pantai lainnya, pantai ini juga menyewakan berbagai fasilitas untuk menikmati bermain di air seperti pelampung, sepeda dayung, speed boat, dan lainnya. Tersedia juga penginapan. Kami tidak cantumkan harga karena pasti bisa jadi berubah suatu saat.

Pantai ini dangkal, menjadikannya aman buat anak-anak. Wisatawan bisa berenang dengan nyaman karena terpancang tali pembatas sebagai tanda zona aman untuk bermain tanpa alat bantu. Saat muncul ombak juga tidak berbahaya karena gelombangnya rendah.

Dari pantai ini kita bisa melihat Pusuk Buhit, puncak tertinggi di kawasan Danau Toba. Di seberang pantai juga terdapat perbukitan yang berisi desa-desa. Di sekitar danau biasanya juga ada nelayan yang sedang menangkap ikan.

TERKAIT  Delleng Sindeka Hutan Wisata dari Pakpak Bharat

Tersedia spot-spot foto bagi kamu yang suka foto. Jika selama ada pantai yang gratis masuk tapi kamu wajib memesan makanan dan minuman, di pantai ini tidak ada aturan itu. Maka jika ingin ajak kawan beramai-ramai ke pantai dan sudah menyiapkan makanan dan minuman sebelumnya, tepatnya kamu bawa ke sini.

Pantai ini dikelola oleh masyarakat setempat bekerjasama dengan komunitas para perantau yang berasal dari daerah sekitar pantai. Semoga adanya pantai ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sektor wisata. Meski kita bayar saat masuk ke pantai dan kewajiban pengelola untuk menjaga kebersihan lokasi wisata, kita juga harus berkontribusi untuk menjaga melestarikan Pantai di Danau Toba. Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan ya bro dan sista. Selamat menikmati liburan di pantai!

 

Penulis    : Damayanti Sinaga
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU