spot_img

Taman DI Panjaitan, Tempat Santai di Tengah Kota Balige

TOBA – Berada di tengah kota, Taman DI Panjaitan ini kerap menjadi tempat berteduh atau sekedar melepas penat bagi para pengunjung sehabis melaksanakan berbagai aktivitas di Kota Balige. Lokasi taman memang cukup strategis serta mengandung nilai-nilai sejarah.

Taman ini dikelilingi oleh beberapa perkantoran seperti: Pengadilan dan Kejaksaan Negeri Balige, Kantor Pos, Kantor Bawaslu, Kantor Polisi Militer dan lainnya.

Di tengah taman yang ditumbuhi berbagai pohon pelindung ini, terdapat meriam yang tentunya sudah tidak aktif lagi. Meriam dimaksud tentunya bertujuan untuk mengingatkan sejarah para pendahulu negeri ini yang memperjuangkan kedaulatan NKRI.

Taman Di Panjaitan1
Di tengah taman banyak ditumbuhi pepohonan.(foto:asmon)

Tersedia beberapa tempat duduk dari besi maupun beton untuk para pengunjung. Taman yang berada di seputaran Bundaran Kota Balige ini, sangat jarang sepi dari pengunjung. Mulai dari pelajar hingga pegawai kantoran sering melepas penat di taman ini. Bahkan warga Kabupaten Toba yang berurusan ke ibukota kabupaten sering mangkal di sini.

Anggiat Manurung salah satu pengunjung yang diajak ninnA untuk ngobrol mengaku senang beristirahat di taman ini jika ada urusan ke ibukota Kabupaten Toba tersebut.

“Sambil menunggu selesai urusan dari Kantor Catatan Sipil tadi makan siang dulu, lalu nongkrong di sini,” sebut Anggiat.

Walau Kantor Catatan Sipil itu agak jauh dari taman, tapi kata dia, di sinilah rasanya paling nyaman beristirahat sembari menunggu urusan selesai.

TERKAIT  Pemandian Alam Lau Timah Dairi, Jernih Berkhasiat

Taman ini juga banyak dijadikan sebagai tempat penantian, menunggu jadwal keberangkatan angkutan ke pedesaan.

Sesuai namanya, tidak jauh dari taman ini berdiri kokoh tugu salah satu pahlawan revolusi yakni Mayjend Anumerta DI Panjaitan.

Dekat tugu ini juga berdiri sebuah bangunan berbentuk rumah adat Batak Toba yang dulu sempat digunakan sebagai kantor Dinas Pariwisata setempat. Bangunan ini dihiasi ornamen berupa gorga Batak Toba.

Halaman depan tugu yang cukup memadai sering digunakan untuk berbagai kegiatan pagelaran seni. Saat sore menjelang. Di pinggir taman akan hadir beberapa pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Bro dan sista tinggal pilih mau menikmati aneka kuliner di meja yang disediakan oleh pedagang atau membawanya ke dalam taman.

Taman DI Panjaitan2
Taman DI Panjaitan di Kota Balige.(foto:asmon)

Terkait lokasi parkir tidak perlu ragu. Sekitar lokasi tersedia tempat parkir yang cukup memadai. Taman DI Panjaitan ini tepatnya berada di Lumban Jabijabi, Kelurahan Napitupulu Bagasan, Kacamatan Balige, Kabupaten Toba.

Kota Balige hanya 30 menit dari Bandara Silangit ke arah Parapat. Jadi bagi bro dan sista yang sedang melintas atau sedang berwisata di seputaran Balige sangat disarankan untuk beristirahat di sini sambil menentukan tujuan selanjutnya sembari menikmati kuliner khas Toba.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU