Tak Hanya Sawahnya, Memandang Bukit dan Danau di Desa Simbolon Pun Keren

BERSPONSOR

Samosir, NINNA.ID-Samosir memang punya banyak spot-spot foto keren. Pemandangan sawah padi dengan latar bukit dan Danau Toba memang menyejukkan hati.

Apalagi jika kita memandang Danau Toba dari ketinggian, suasana hati kita pasti akan meluap-luap dengan rasa syukur bisa menikmati hidup yang indah.

Pernahkah Sobat mendengar lirik lagu “Eme ni Simbolon Inang”? Lagu itu terinspirasi dari indahnya pemandangan sawah padi di Desa Simbolon Purba, Samosir.

Odong-Odong Mesin Panen Padi
Suasana Desa Simbolon (foto: Damayanti)

Ternyata bukan hanya sawahnya saja yang memukau. Memandang Danau Toba dari ketinggian juga akan buat Sobat berdecak kagum.

BERSPONSOR

Asal Marga Simbolon

Desa Simbolon juga merupakan asal atau kampung marga Simbolon. Tidak heran jika berjumpa dengan warga di sini, Sobat akan selalu mendapati mereka marga atau boru Simbolon.

Masih banyak keturunan Simbolon yang memilih untuk berkarier dan hidup di desa ini.

Tidak sedikit pula yang memilih merantau ke tempat lain. Tapi sejak dulu hingga sekarang Desa Simbolon masih mempertahankan predikatnya sebagai desa penghasil padi yang dijuluki “Eme ni Simbolon”.

BERSPONSOR

Karena rata-rata masyarakat di Desa Simbolon hidup dari sektor pertanian, ini membuat suasana kehidupan masyarakat lebih tenang.

TERKAIT  Tips Rumah Aman Selama Liburan Nataru 2023

Tidak banyak suara bising kita dengar saat berada di sekitar desa ini kecuali suara truk-truk yang membawa batu-bata karena beberapa masyarakat membuka usaha pembuatan batu-bata.

Selain terkenal dengan sawahnya, Desa Simbolon juga terkenal penghasil nenas.

Banyak jenis tanaman tumbuh di sini. Kopi, buah-buahan, dan rempah-rempah tumbuh subur di sini.

- Advertisement -

Masih banyak parhutaan (baca: perkampungan) yang memiliki deretan Rumah Batak. Itu menambah suasana Desa Simbolon ini unik dan enak kita eksplor. Ada Aek Rangat.

DESA SIMBOLON
Suasana Desa Simbolon dekat dengan Aek Rangat (Air Panas/Hot Spring) (foto: Damayanti)

Itu sebabnya, belakangan masyarakat melirik usaha wisata di sini dan menjadikan Desa Sigaol Simbolon sebagai Desa Wisata. Karena desa ini punya banyak potensi untuk wisatawan menikmati alamnya.

Jika Sobat tertarik untuk mampir kemari, lokasi ini tidak jauh untuk Sobat tempuh dari Pangururan. Dari Pangururan sekitar 15-20 menit lagi menuju ke Desa Simbolon.

Jika Sobat sudah tiba di WaterFront City Pangururan, tanyakanlah kepada warga di Pangururan kemana arah menuju Desa Simbolon.

Penulis: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU