Tak Banyak yang Tahu, Ternyata ini Fungsi Lembaga Badan Pusat Statistika (BPS)

BERSPONSOR

NINNA.ID – Pemberitaan mengenai Badan Pusat Statistika (BPS) menjadi trending di laman pencarian Google, ternyata belum banyak yang tahu fungsi lembaga ini.

Melansir dari Suara, Badan Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyebarkan data dan informasi statistik secara nasional.

Sementara dikutip dari bps.go.id, BPS adalah Lembaga Pemerintah Non-Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

BPS didirikan untuk memastikan ketersediaan data statistik yang akurat, andal, dan terpercaya bagi pembuat kebijakan, masyarakat, dan pihak-pihak lain yang membutuhkan data tersebut.

BERSPONSOR

Adanya BPS sangat penting karena data statistik adalah dasar dari kebijakan publik yang baik dan efektif

Pendataan yang dilakukan BPS, bukan hanya untuk mendata kondisi sosial perekonomian, namun juga dari segi pendidikan serta dampak kemajuan pembangunan yang dilakukan pemerintah setempat atau berindikator kepada kesejahteraan masyarakat.

TERKAIT  Mengapa Transformasi Digital dan Pelaporan Non-Keuangan Berjalan Beriringan

Data statistik yang akurat dan terpercaya dapat membantu pengambil kebijakan untuk memahami kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan di wilayah mereka dan untuk merancang kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, BPS juga memainkan peran penting dalam membantu pengambil keputusan di sektor swasta untuk memahami pasar dan untuk merancang strategi bisnis yang tepat.

BERSPONSOR

BPS dapat membantu mereka untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menganalisis pasar dan tren bisnis, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih efektif.

Secara keseluruhan, BPS memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, karena mereka membantu memastikan bahwa data yang dibutuhkan oleh pengambil kebijakan dan pelaku bisnis tersedia dan dapat diandalkan.

Dengan demikian, BPS dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU