Survey Smart Politics: Ridwan Juaranya Kompetensi dan Kejujuran, Puan Terpuruk

BERSPONSOR

NINNA.ID – Smart Politics Club dan Poljokes, baru-baru ini membuat survey tentang kompetensi dan kejujuran para politikus. Tidak ada nama Anies atau Ganjar berada di atas. Malah Riduan dan Puan Maharani yang menjadi sorotan.

Dalam survey itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditempatkan di posisi puncak, sementara Ketua DPR RI Puan Maharani terpuruk sampai titik minus.

Pada survei tersebut, total responden yang dilibatkan sebanyak 2.838 warganet. Survei ini dilakukan pada September 2022.

Melansir akun Instagram @pinterpolitik, Ridwan Kamil menduduki peringkat pertama dalam kategori kompetensi dengan 46,32 persen suara.

BERSPONSOR

Dia disusul oleh Anies dengan 40 persen, Prabowo Subianto 16,5 persen, Ganjar Pranowo 15,66 persen, Airlangga Hartanto -22 persen, dan Puan Maharani di posisi terbawah, -42,96 persen.

Pada konteks kejujuran, Ridwan Kamil juga menempati urutan pertama dengan 42,61 persen suara. Pada posisi kedua tetap diduduki oleh Anies Baswedan dengan 33,31 persen suara.

Sementara pada posisi ketiga ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 9,39 persen, disusul Prabowo dengan 5,94 persen, kemudian di posisi kelima ada Airlangga Hartanto dengan -18,96 persen, dan terakhir Puan maharani dengan -37,74 persen.

TERKAIT  Menteri Perdagangan Musnahkan Pakaian Bekas Ilegal di Cikarang

Hasil survei yang diunggah akun Instagram @pinterpolitik tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet.

BERSPONSOR

Survey

“Kocak nih Puan kelakuannya minus,” komentar warganet.

“Itu yang minus paling bawah pede banget mau nyapres, kacau kalau sampe terpilih berarti ada kecurangan,” imbuh warganet lain.

“Generasi terpelajar (Milenial dan Z) saat ini lebih suka ke hal-hal yang funny and friendly than formal. Wajar pak RK unggul karena pembawaannya selama ini selalu masuk ke karakter milenial dan Z,” tambah lainnya.

- Advertisement -

“Kinerja Ridwan Kamil ini baik, terukur dan rapih tapi hampir tak terberitakan, sebab cenderung tak punya musuh politik, jadi tak terjadi Pro dan kontra di medsos,” tulis warganet di kolom komentar.

“Yang ini (Survey smart politics) real yagesya, bukan survai-survei yang tiba-tiba keluar hasilnya doang, soalnya survei yang ini sempat trending di twitter,” timpal lainnya.(suara)

 

Editor : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU