spot_img

Sunset Beach Lumban Gaol Tawarkan Taman Miniatur

TOBA – Sesuai namanya, di pantai ini sangat cocok untuk menikmati keindahan sinar mentari saat akan beranjak keperaduan. Sunset Beach Lumban Gaol ini memang menyajikan panorama alam yang berbeda saat sunset menyapa.

Tempat ini juga sering disebut dengan nama Tambunan Sunset Beach. Sebutan ini mungkin merujuk ke lokasi Sunset Beach Lumban Gaol, yang tepat bersebelahan dengan Pantai Landai Tambunan Lumban Gaol. Sunset Beach Lumban Gaol ini berlokasi di Tambunan, Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige Kabupaten Toba.

Sunset Beach Lumbangaol 3
Pantai Sunset Beach Lumban Gaol.(foto;asmon)

Selain untuk menikmati sunset, tak ubahnya seperti pantai lainnya di kawasan Danau Toba, pantai ini juga merupakan pantai yang cukup landai dan dilengkapi dengan beberapa wahana wisata. Mulai dari gazebo, jogging track, banana boat dan lain-lain tersedia di pantai ini.

Keindahan panoramanya tidak perlu lagi diragukan, keindahannya pasti bikin siapa saja yang mengunjunginya akan betah berlama-lama. Namun selain menyuguhkan sunset, ada satu spot atau area selfie di pantai ini yang tidak dimiliki pantai lain di Danau Toba.

Spot buatan itu tak lain adalah sebuah taman miniatur dengan beberapa bangunan kecil berupa versi mini dari rumah adat Batak Toba.

Beberapa miniatur mini setinggi kaki orang dewasa itu dibuat tak ubahnya seperti perkampungan Batak pada jaman dulu. Keberadaan taman miniatur ini tepat di pinggir pantai, sehingga spot ini sangat disukai wisatawan yang berkunjung untuk berselfie ria dengan latar belakang Danau Toba.

TERKAIT  Misteri Tano Ponggol, Kerbau Takut Melewatinya
Pantai Lumbangaol 2
Petunjuk arah ke Sunset Beach Lumban Gaol.(foto;asmon)

Untuk mencapai lokasi silahkan masuk dari Jalan Lintas Sumatera, atau tepatnya dari samping Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, Balige. Tepat di persimpangan ada penunjuk arah untuk memandu bro dan sista menuju pantai yang yang ada di Desa Lumban Gaol.

Begitu memasuki simpang, bro dan sista akan menempuh jalanan yang meliuk-liuk namun cukup datar serasa selaras dengan indahnya hamparan persawahan beserta perumahan penduduk sepanjang jalan. Sebuah hotel berbintang yang baru hadir di kawasan Balige terlihat berdiri megah di sebelah kiri.

Sebelum tiba di lokasi pantai akan ada lagi penunjuk arah menuju beberapa pantai yang ada di Desa Lumban Gaol. Pilih ke arah kiri untuk menuju Sunset Beach Lumban Gaol.

Dulu saat masih ramai pengunjung atau sebelum pandemic Covid-19 melanda, biaya untuk memasuki areal pantai tidak terlalu mahal, hanya dikisaran Rp5000 saja per pengunjung. Belakangan saat ninnA berkunjung, tidak terlihat lagi petugas yag memungut tiket masuk.

Hal itu mungkin disebabkan oleh sepinya pengunjung karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemic Covid-19. Pantai ini cukup dekat dari Kota Balige.

 

Penulis      : Asmon Pardede
Editor         : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU