spot_img

Sopo Guru Tatea Bulan Tempat Berkumpulnya  Leluhur Batak

SAMOSIR – Pulau Samosir dan Gunung Pusuk Buhit dikenal sebagai asal muasal suku Batak.  Konon leluhur orang Batak, yakni Si Raja Batak diturunkan dari khayangan di atas gunung Pusuk Buhit. Cerita itu sudah menjadi bagian penting dari perjalanan peradaban suku Batak dari masa ke masa.

Untuk mengenalkan kisah itu kepada generasi selanjutnya, maka pada tahun 1995 oleh Dewan Pengurus Pusat Punguan Pomparan Guru Tatea Bulan, dibangunlah Sopo Guru Tatea Bulan di Bukit Sigulatti yang tak jauh dari Pusuk Buhit, Kecamatan Sianjur Mula Mula Kabupaten Samosir.

Tempat ini berisi patung-patung Si Raja Batak beserta keluarganya dan beberapa patung yang berbeda-beda wujud dan diyakini sebagai leluhur orang Batak yang sakti.

sopo guru tatea bulan 2
Patung-patung yang menggambarkan leluhur Batak di Sopo Guru Tatea Bulan.(foto:jogi s)

Guru Tatea Bulan diyakini sebagian masyarakat, khususnya masyarakat adat Batak sebagai tempat wisata budaya yang sakral. Beberapa pengunjung yang datang untuk berziarah ke sini, sering membawa sirih dan jeruk purut hingga telur, sebagai persembahan ketika menyampaikan permintaan kepada para leluhur.

Walau dijadikan sebagai destinasi wisata religi, bukan berarti traveler umum tidak diperbolehkan mengunjungi tempat itu. Banyak traveler yang datang sekedar menikmati wisata alam di sana.

TERKAIT  Air Terjun Raja Mengampu Lae Kelebaren, Lubuknya Ikan Jurung

Dari Sopo Guru Tatea Bulan ini, traveler dimanjakan dengan pemandangan lembah yang sangat indah: Lembah Sagala dan Lembah Limbong. Kedua tempat ini merupakan asal kedua marga Sagala dan Limbong.

Di Lembah Sagala akan terlihat hamparan sawah yang hijau dan pegunungan yang indah serta terlihat Danau Toba yang biru, sementara di Lembah Limbong terlihat kawasan perkampungan penduduk dan sebuah sekolah yang ditata dengan baik dengan halaman rumput hijaunya.

Satu lagi, dari tempat itu terlihat objek wisata Batu Hobon yang dikenal sangat sangat sakral dan keramat.

Nah, tunggu apalagi, yuk datang ke tempat indah dengan udara pegunungan yang dijamin segar dan sejuk. Bagi traveler bisa menempuh 30 menit perjalanan dari Kota Pangururan menuju Sopo Guru Tatea Bulan. Sementara, dari Tele dibutuhkan 40 menit dan masuk dari Simpang Limbong.

 

Penulis   : Jogi S
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU