Solu Bolon Cabang Olahraga Unggulan KONI Samosir

BERSPONSOR

Samosir, NINNA.ID-Olahraga Solu Bolon merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Samosir. Hal tersebut didukung oleh semangat masyarakat di Samosir terhadap jenis olahraga ini.

Tidak jarang peserta dari Samosir memenangkan perlombaan untuk cabang olahraga yang satu ini.

Selain itu, letak geografis dan alam Samosir sangat mendukung masyarakat menggandrungi jenis olahraga yang satu ini.

Sejak zaman dulu, masyarakat Batak, khususnya yang tinggal di Samosir menggantungkan hidup dari air dengan menjadi nelayan. Anak-anak juga gemar bermain-main dan berenang di Danau Toba.

BERSPONSOR

“Dari sisi SDM dan budaya yang alamnya dikeliling air dan budayanya dari zaman dulu masyarakat menggantungkan hidup dari air. Itu faktor pendukung jenis olahraga ini layak didorong atau dikembangkan sebagai salah satu cabang unggulan KONI Samosir,” jelas Rudi Simbolon, Sekretaris KONI Samosir pada saat event Festival Solu Bolon dilaksanakan pada Sabtu 8 Juni 2024.

Ia juga berharap festival ini menjadi awal dari semangat untuk membina persatuan olahraga dayung (PODSI) di Samosir.

FESTIVAL SOLU BOLON
Para peserta dari Samosir Tim Siogung-Ogung pemanasan sebelum memulai lomba di hari kedua semi final penentuan juara pada Sabtu 8 Juni 2024 di WaterFront Pangururan Samosir. (foto: Damayanti)

“Event ini sangat baik untuk merangsang anak-anak remaja untuk nantinya lebih menggeluti dan berminat di cabang dayung karena secara kultur masyarakat Samosir dikelilingi perairan Danau Toba,” kata Rudi.

Dampak Solu Bolon

BERSPONSOR
TERKAIT  Hidup Poliandri dengan Dua Suami, Ibu Cantik ingin Tambah Suami Lagi

Selain diharapkan sebagai pemacu semangat masyarakat menggandrungi jenis olahraga air ini, Festival Solu Bolon diharapkan dapat menjadi agenda tahunan pertunjukan budaya yang membantu mempromosikan dan melestarikan tradisi, seni, dan identitas suku Batak Toba.

Selain itu, festival juga diharapkan menarik pengunjung dari berbagai tempat, yang berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata lokal dan perekonomian daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tetti Naibaho menyampaikan Festival Solu Bolon merupakan rangkaian Horas Samosir Fiesta 2024 yang bertujuan sebagai upaya pelestarian warisan leluhur orang Batak.

Pemerintah Samosir juga berharap acara ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

- Advertisement -

Olahraga Dayung

Seperti disebutkan di awal, olahraga Solu Bolon menjadi cabang olahraga unggulan KONI Samosir. Di Indonesia, olahraga dayung merupakan gabungan dari tiga cabang olahraga yaitu Rowing, Canoeing, dan Traditional Boat Race atau Perahu Naga.

Di dunia internasional, ketiga cabang olahraga tersebut memiliki induk organisasinya sendiri-sendiri.

Untuk Rowing terdapat Federation International Societes de Aviron (FISA), untuk Canoeing terdapat International Canoe Federation (ICF), dan untuk Perahu Naga terdapat International Dragon Boat Federation (IDBF).

Di Indonesia, ketiga cabang olahraga tersebut dinaungi oleh satu induk organisasi yaitu Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU