Sodip Coffee, Rumah Pejuang Kopi Robusta Sidikalang

BERSPONSOR

DAIRI – Di bisnis kopi Indonesia, Sumetera Utara termasuk salah satu daerah penghasil kopi bermutu. Katakan saja ada Kopi Lintong yang sudah begitu akrab di telinga dan lidah para penikmat kopi dan juga Kopi Sidikalang.

Kopi Sidikalang termasuk muncul lebih awal di bisnis perkopian sehingga begitu ingat Dairi, ingat Kopi Sidikalang. Tapi siapa sangka, nama besar kopi ini disalip oleh Kopi Lintong. Saat ini, bahkan masyarakat yang bukan penikmat kopi selalu teringat Kopi Lintong begitu masuk kawasan Tapanuli. Dan nama Kopi Sidikalang, semakin jauh ditinggalkan.

Untuk menjaga nama Kopi Sidikalang ini tetap bertengger di puncak tangga dunia per-kopi-an di Sumatera Utara, khusus di Kota Sidikalang sekitranya, seorang pemuda, Adven Simbolon, memantapkan hatinya kembali ke kampung halaman. Berbekal pendidikan dari salah satu perguruan tinggi Sumatera Utara tahun 2018, dia membawa Kopi Sidikalang ke dalam dunia usaha ekonomi kreatif.

Saat ini, dengan branding usaha Sodip Coffee, Adven Simbolon fokus mengembangkan dua produk unggulan, yaitu Kopi Robusta Sidikalang dan Parmasak Andaliman.

BERSPONSOR

Untuk menaikkan pamor Kopi Sidikalang ternyata sudah dikerjakan sejak mahasiswa. Saat itu dia sudah terbiasa menjual kopi bubuk. Dia juga bekerja di kafe dan hingga memperkaya literasi tentang kopi dari beberapa buku agrobisnis. Modal non materi ini membuatnya semakin tertantang untuk mengembangkan potensi dari desa, kopi.

TERKAIT  Bandrek Merah dari Salaon Dolok, Rempah Warisan Gunung Toba

Ingin serius menjadikan kopi sebagai usahanya, dia menjatuhkan pilihan kepada kopi robusta. Menurutnya, keistimewaan Kopi Robusta Sidikalang itu: memiliki karakter rasa gula aren, pahit pekat, dan aromanya yang khas.

Soal rasa, Adven memiliki strategi khusus untuk menjamin rasa supaya tidak berubah-ubah. Salah satu rumusnya, bahan baku Kopi Robusta dibeli dari satu desa saja, yaitu Desa Simartugan, Kecamatan Pegagan Hilir, Dairi.

Memang sejauh ini, produk Sodip Coffee masih hanya satu varian, yaitu Sodip Coffee Ekonomis yang dapat dinikmati hanya dengan Rp70.000. Kopi yang diproduksi, lebih banyak dijual di warung lokal, sebagian lagi dijual online.

BERSPONSOR

Belum puas dengan varian yang ada, Sodip Coffee sedang bereksperimen untuk blending Kopi dengan Andaliman. Untuk rasa, kita tunggu hingga Adven Simbolon selesai bereksperimen.

Kalau bro dan sista tertarik dengan produk Sodip Coffee, bisa menghubungi produsennya langsung melalui WA di 0813-6021-9786, atau kalau ingin bekerjasama, bisa langsung datang ke lokasi mereka yang beralamat di Sigalingging/Parbuluan IV, Kecamatan Parbuluan, Dairi. Walau pilihan Sodip Coffee itu robusta, mereka tetap melayani Kopi Arabika Sidikalang sesuai pesanan.

 

Penulis   : Gomgom Lumbantoruan
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU