spot_img

Sitoluama Sunday Market, Destinasi Wisata Baru di Toba

TOBA – Kegiatan tukar menukar hasil bumi atau pasar (onan) di kawasan Toba tentu sudah ada sejak dahulu. Seperti di Sitoluama, kegiatan pasar atau hari pekan rutin dilaksanakan pada hari Minggu. Saat berkumpul di pasar dimaksud, selain untuk belanja keperluan sehari-hari, kegiatan itu juga dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi serta sebagai ajang silaturahmi, sebab sejak hari Senin s/d Sabtu sesama warga jarang bertemu karena sibuk bekerja di ladang masing-masing.

Di kesempatan setiap Minggu ini, anak-anak berkesempatan berolahraga (main bola dan aneka permainan tradisionil lainnya). Belakangan, kegiatan rutin itu terhenti seiring perkembangan jaman. Apalagi anak-anak dari desa banyak yang sekolah dan merantau ke kota serta faktor lainnya.

Sunday Market 3
Kegiatan anak, mewarnai di Sunday Market.(foto:asmon

Terinspirasi dari rutinitas para pendahulu serta mengingat ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai sebuah Kawasan Super Prioritas Nasional, Pokdarwis Sitoluama bidang Kuliner yang dibidani oleh Corry P. Panjaitan pun menghidupkan kembali kegiatan Onan ”Sunday Market” Minggu. Para pegiat kuliner biasanya menjajakan dagangannya di rumah atau hanya di teras rumah. Pelanggannya tentu juga masih sebatas tetangga.

Cory lalu berinovasi dengan mengajak para pegiat kuliner ini untuk menjajakan dagangannya pada suatu tempat di desa. Pegiat kuliner diarahkan di suatu lapangan. Satu persatu mulai dibenahi. Mulai pengolahan hingga penyajian bahkan penampilan para pegiat kuliner disesuaikan dengan standart yang berbasis pada keramahan.

Perubahan pola pikir untuk lebih profesional cukup dengan kegiatan sederhana yang mampu dipahami dan ditindaklanjuti oleh warga desa.

Begitu prinsip sang kreator yang juga ketua Pokdarwis Sitoluama, Corry Panjaitan. Alhasil aneka kuliner seperti mie gomak, bubur kacang ijo, pecal dan lainnya tersaji mengundang selera.

TERKAIT  Elma Hana Hasibuan Putri Pariwisata Indonesia Sumut 2022

Tamu yang berkunjung juga bukan lagi hanya sebatas tetangga. Pengunjung dari desa lain mulai berdatangan. Selain menikmati aneka kuliner, even Sunday Market tersebut juga diramaikan oleh anak-anak yang latihan manortor serta anak lainnya yang belajar mewarnai.

Sunday Market 2
Latihan manortor di Sunday Market Sitoluama.(foto:asmon)

Even yang baru dilaunching kembali pada Minggu (15/05/2022) tersebut dimulai dari pagi hari setiap hari Minggu. Siang hari, warga yang mayoritas Nasrani pada beribadah. Selepas ibadah, even Sunday Market kembali digelar hingga sebelum matahari terbenam. Kini jika berpetualang ke Toba rasanya kurang lengkap jika belum singgah untuk mencicipi aneka kuliner khas Pokdarwis Sitoluama ini.

Even Sunday Market tersebut beralamat di sebuah tanah lapang di Jalan Tugu Pangaribuan, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba. Jika bro dan sista dari arah Balige menuju Siantar, nanti selepas Laguboti atau sebelum Institut Teknologi Del ada Tugu Toga Raja Pangaribuan yang menjulang tinggi disebelah kiri. Nah lokasi Sunday Market ini tepat dibelakang tugu tersebut.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU