spot_img

Sihir Air Terjun Pemanggil Jodoh

HUMBAHAS – Jika serial drama radio, Nini Pelet Penunggu Gunung Ciremai, punya Ajian Jaran Goyang pemikat lawan jenis. Maka tak kalah hebat, di Tanah Batak ada air yang dipercaya bisa memanggil jodoh, Air Terjun Janji.

Berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, objek wisata yang semakin ramai dikunjungi ini, secara administratif bagian dari Kecamatan Baktiraja, Desa Tipang.

Yang unik dari air terjun ini adalah, konon, kalau seseorang berikrar dengan sepenuh hati di bawah air terjun Janji, maka tak butuh waktu lama, dia akan menemukan jodohnya. Juga bagi pasangan yang mengikat janji sehidup sematI di sana, dipercayai kelak akan terkabul.

Kisah itu memang sebatas legenda, yang disampaikan turun temurun. Jangan tanya bagaimana mantra seperti mantra Ajian Jaran Goyang, siapa penutur awal pun mungkin tak ada tahu. Tapi kisah itu masih didengar dengan seksama, seolah memang terbukti dengan banyaknya pengunjung datang ke sana.

Selain berharap tuah, keindahan air terjun dengan tumpahannya mencapai 50 meter itu, menjadi daya tarik wisatawan. Atraksi alam itu semakin asyik dinikmati dengan tersedianya fasilitas yang bisa memanjakan wisatawan.

Belum puas hanya diterpa angin sepoi-sepoi, wisatawan bisa menikmati “fasilitas pijat gratis”, dengan cara mengarahkan punggung ke pipa saluran pancuran air, yang sudah dipisahkan antar pria dan wanita. Banyak yang merasakan, setelah dipijat pancuran air itu, badan terasa segar dan pegal-pegal hilang.

TERKAIT  Air Terjun Sitakka Dikenal Angker di Pinggiran Tarutung

Kawasan itu sudah dikelola dengan baik, ada toilet untuk pria dan wanita, warung mie so dan mie gomak. Bahkan sudah ada penginapan yang menghadap langsung ke arah Danau Toba. Kamarnya juga nyaman dan sudah dilengkapi dengan bathroom.

Air Terjun Janji terbuka untuk umum dari pukul 18.00 WIB setiap harinya. Tersedia parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika beruntung, pada musim panen mangga, pengunjung diberi kesempatan menikmati mangga hasil petik sendiri di sekitar air terjun Janji dengan harga yang bersahabat dan kepuasan tersendiri.

Buat bro dan sista yang ingin berkunjung ke sini, bisa menempuh waktu satu jam dari Dolok Sanggul atau 40 menit dari Muara. Lokasinya tepat di Janji, Desa Tipang, berbatasan dengan Marbun Toruan.

Ayo, tunggu apalagi. Bisikkan nama si dia di Air Terjun Janji, tak perlu bertapa dan merapal mantra seperti Ajian Jaran Goyang itu.

 

Penulis  : Gomgom Lumbantorun
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU