spot_img

Sihaek Aek, Jalan Dusun yang Sepi Berjuta Pesona

TOBA – Jalan dusun yang berada di lereng perbukitan sekitar Danau Toba ini nyaris sepi setiap saat. Namun pesona panorama yang disuguhkan tidak kalah menarik dari spot-spot wisata unggulan di kawasan Danau Toba. Memang jalan itu hanya jalan menuju satu perkampungan yang hanya dihuni 7 kepala keluarga saja. Kampung atau dalam bahasa Batak disebut Huta itu, bernama Sihaek Aek.

Huta itu berjarak sekitar 1 KM dari ujung jalan desa di tepi Danau Toba. Beberapa ratus meter dari ujung jalan di tepi danau, mulailah menuju Huta Sihaek Aek. Ruas jalan ini sudah pernah mendapatkan sentuhan pembangunan, namun hanya perkerasan saja. Di sisi bahu jalan, beberapa tahun yang lalu, sudah dilengkapi dengan fasilitas penerangan jalan dengan tenaga surya/solar cell.

Penataan jalan yang tidak seberapa panjang ini tentu bukan tanpa alasan. Dari sepanjang sisi kiri jalan yang berada di atas pantai ini, menawarkan view perbukitan sepanjang Toba Uluan yang membentang hingga ke Balige. Sementara di sisi kanan Pulau Samosir kelihatan bak anak panah yang melesat di atas Danau Toba.

Birunya langit berhiaskan awan yang berarak putih semakin menambah indahnya suasana berkelana di jalan dusun yang sepi ini.

Bila kita ingin turun ke pantai boleh melalui jalan setapak yang ada di beberapa titik. Beberapa jalan setapak atau lebih tepatnya disebut jalan tikus itu merupakan akses para pemancing menuju danau. Jadi selain menikmati panorama alam, berkunjung ke lokasi ini, bro dan sista juga bisa sembari melihat aktivitas para pemancing serta nelayan yang mencari ikan mujahir atau bahkan lobster danau.

TERKAIT  Hai Dufan, Kolam Renang di Tengah Persawahan

Jalan yang merupakan penghubung dari satu kampung di tepi pantai yang bernama ”Pasir” ini, dulunya saat lampu penerangan bertenaga surya itu masih aktif, terlihat bagai jalan di perkotaan saat malam hari. Kampung yang bernama Pasir tadi juga diketahui sebagai salah satu pintu masuk bagi traveler yang ingin mengunjungi Air Terjun Situmurun. Pasir ini sering juga disebut Binangalom walau sebenarnya Binangalom dan Pasir ini merupakan nama dua kampung yang berbeda.

Bagi bro dan sista yang ingin segera menikmati panorama dari jalan ini, silahkan masuk dari Lumbanjulu melalui simpang Hatinggian dekat jembatan, abaikan beberapa simpang di tengah perjalanan hingga sampai ke Pasir. Kondisi jalannya rata-rata mulus dan cukup lebar. Jalan Sihaek Aek ini berada di Desa Hatinggian Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba. Lumbanjulu sendiri hanya 40 KM dari Balige atau 20 KM sebelum Parapat.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU