Semen Hingga Uang Tunai Untuk Restorasi Akibat Gempa

BERSPONSOR

TAPUT – Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi bersama Bupati Nikson Nababan dan unsur Forkopimda lainnya melepas rombongan petugas penyaluran bantuan ribuan zak semen serta uang tunai demi upaya perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang melanda Taput.

“Posko Gempa Tapanuli Utara telah menerima sumbangan yang akan dibagikan sesuai dengan kebutuhan untuk seluruh korban yang mengalami kerusakan rumah sesuai pendataan kepala desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah diverifikasi dan divalidasi tim Posko,” terang Bupati Taput, Sabtu (08/10/2022).

Dikatakan, setiap material dan uang yang sudah diterima akan langsung didistribusikan kepada para korban dampak bencana.

“Kami mohon bantuan Kapolsek, camat dan Koramil untuk dapat mengawal bantuan tersebut,” ujarnya.

BERSPONSOR

Penyaluran bantuan ribuan zak semen diangkut menggunakan 10 unit mobil truk untuk disalurkan ke kecamatan penerima bantuan.

Sementara, bantuan dalam bentuk uang akan dibagi dengan perbandingan besaran bantuan untuk rusak berat, rusak sedang dan ringan dengan komparasi 5:2:1, dan masing-masing akan menerima dengan perincian Rp750.000 untuk rusak berat, Rp300.000 rusak sedang, dan Rp150.000 untuk rusak ringan.

Disebutkan, terdapat sebanyak 1.285 rumah warga rusak hasil verifikasi dan validasi data tim posko.

Pada kesempatan itu, Kajari Tapanuli Utara Moch Suroyo juga mengimbau agar sumbangan yang terkumpul dan dibagikan sesuai kebutuhan demi meringankan beban agar dapat dipergunakan memperbaiki rumah rusak.

BERSPONSOR
TERKAIT  Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Industri Pariwisata

Terpisah, Ketua Sekretariat Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Taput, Indra Sahat Hottua Simaremare mengungkapkan, sebanyak Rp781 juta donasi tunai yang diterima posko bencana melalui rekening bantuan atas nama Tapanuli Utara Margogo, tengah disalurkan kepada korban gempa bumi.

“Penyaluran langsung donasi yang diterima Posko bencana, baik donasi dalam bentuk barang maupun donasi uang tunai merupakan kesepakatan bersama Bupati Nikson dan unsur Forkopimda Taput,” terang Indra.

Disebutkan, saat ini senilai total Rp.781 juta bantuan masyarakat sebagai bentuk donasi uang tunai tengah disalurkan bagi para korban.

“Ini merupakan bentuk transparansi dan pertanggung jawaban atas seluruh bantuan yang kita terima. Di awal, kita telah menyalurkan senilai Rp.150 juta dalam bentuk uang tunai dan obat-obatan hingga material bahan bangunan untuk para korban yang terdata dalam bencana gempa bumi Taput,” jelasnya.

- Advertisement -

Selanjutnya, senilai Rp631.600.000 donasi tunai akan dan sedang disalurkan kepada 1.285 keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan kategori berat, sedang, dan ringan sesuai hasil verifikasi dan validasi tim posko.

“Untuk kategori kerusakan berat sebanyak 588 unit menerima Rp750 ribu, 606 unit rumah dengan kerusakan sedang Rp300 ribu, dan senilai Rp150 ribu untuk rumah rusak ringan,” sebutnya.

 

Penulis : Rollis
Editor    : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU