Sekitar Empat Ratus Pelari Ikut Serta Dalam Event Trail of The Kings di Samosir 4-5 Mei

BERSPONSOR

NINNA.ID-Usai diserbu wisatawan semasa libur Lebaran, dua minggu lagi Samosir akan diserbu pelari dari dalam negeri dan luar negeri. Sekitar empat ratus pelari dipastikan akan ikut serta dalam event Trail of The Kings (ToTK) pada Sabtu-Minggu 4-5 Mei 2024 di Samosir.

“Yang sudah mendaftar ada 384 peserta. Tapi dibutuhkan 32 peserta lagi yakni 13 orang untuk pelari lintasan 50 kilometer dan 27 orang untuk lintasan 27.000 kilometer. Kami sangat berharap rekan-rekan jurnalis bisa membantu mempromosikan serta mengajak para pelari terkhusus para pelari di Sumatera Utara untuk meramaikan kegiatan ini,” jelas Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT Elfridence Pardede dalam jumpa pers Persiapan Event ToTK yang diadakan secara online pada Selasa 16 April 2024.

Sejumlah pelari berasal dari India, Mesir, Jepang, Jerman, Kenya, Belanda, dan Malaysia. Beberapa pelari elit runner yang juga ikut di antaranya Namisihira yang ikut lintasan 50.000, elit runner dari Malaysia, dan orang asing yang tinggal di Indonesia.

rayuan lembah sagala
Lembah Sagala di kaki Gunung Pusuk Buhit indah dan subur.(foto:mister O)

Para peserta ToTK telah memesan hotel atau homestay setidaknya selama lima hari.
“Minimal tiga hari, cek jalur, jalan-jalan dulu. Dari Malaysia sudah booking hotel dari tanggal 1 hingga 5 Mei 2024,” ungkap Elfridence.

BERSPONSOR

Ia mengatakan event ToTK tidak hanya sebagai ajang promosi Danau Toba saja. Lebih dari itu, event ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi pelaku usaha dan jasa pariwisata di Tanah Batak.

Selain Elfridence, jumpa pers juga dihadiri Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto dan Kadiv Komblik BPODT, Nelson Lumban Toruan.

Trail of The Kings
Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto memaparkan terkait Trail of The Kings Danau Toba yang akan digelar 4-5 Mei 2024 di Waterfront Pangururan (foto: Kemenparekraf)

Tentang ToTK
Lomba lari Trail of The Kings dipusatkan di Pulau Samosir. Dengan lintasan lomba sekitar 27 km pertambahan ketinggian sekitar 1.300 meter.

Bermula dan berakhir di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Jalurnya melintasi Gunung Pusuk Buhit yang terkenal. Batas waktu penyelesaian lomba lari 8 jam. Para pelari akan memulai perjalanan yang tiada duanya. Dengan kategori 50K atau 50.000-meter menawarkan rute terpanjang.

BERSPONSOR

Peserta akan melewati medan terjal, hutan lebat, dan pemandangan menakjubkan, memberi penghormatan kepada legenda kuno yang bergema di perbukitan dan lembah.

Trail of The Kings (ToTk) 4-5 Mei 2024 merupakan event yang meliputi beberapa perlombaan di alam terbuka melintasi alam Samosir yang indah.

Trail of The Kings tidak hanya sekedar lomba lari di ketinggian saja. Lebih dari itu, terdapat petualangan hebat, pertunjukan budaya, cerita panjang tentang sejarah dan pemandangan indah Danau Toba yang terbentuk dari letusan gunung-gunung berapi purba ribuan tahun yang lalu.

TERKAIT  Ini Jadwal Penyeberangan Kapal Ferry dan Kapal Kayu Januari 2023

Setiap event berlangsung dalam satu tahap, dengan kecepatan masing-masing pelari dan dalam batas waktu. Adapun tiga jenis lomba lari di antaranya:

- Advertisement -

Road Fun Run dengan panjang lintasan 5.000-meter. Dimulai dan berakhir di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Batas waktu penyelesaian adalah 2 jam. Biaya pendaftaran Rp 140.000. Lomba ini direncanakan pukul 06.15 WIB pada Minggu 5 Mei 2024. Durasi lomba lari 2 jam.

Road Race dengan panjang lintasan 10.000-meter. Bermula dan berakhir di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Batas waktu penyelesaian adalah 4 jam. Lomba ini direncanakan berlangsung 06.00 WIB pada Minggu 5 Mei 2024. Biaya pendaftaran Rp 240.000

Trail Run dengan panjang lintasan 27.000-meter dengan pertambahan ketinggian sekitar 1.300 meter. Dimulai dan berakhir di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jalur ini melewati Gunung Pusuk Buhit yang terkenal. Batas waktu penyelesaian adalah 8 jam. Biaya pendaftaran Rp 480.000. Lomba ini direncanakan pukul 05.30 WIB pada Sabtu 4 Mei 2024.

Ultra Trail dengan panjang lintasan 50.000-meter dengan lintasan lari menanjak elevasi 2.200 m. Jarak sekitar 50 km untuk pertambahan ketinggian sekitar 2.200 meter. Dimulai dan berakhir di tepian air Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Jalur melewati Gunung Pusuk Buhit – Lembah Singkam – Hulu Air Terjun Nai Sogop – Lembah Sianjur Mula Mula – Bukit Burung dan Finish sepanjang jalur tepi danau. Batas waktu penyelesaian adalah 14 jam. Biaya pendaftaran Rp 760.000. Lomba ini direncanakan dimulai pukul 05.00 WIB pada Sabtu 4 Mei 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Segala persiapan untuk teknis lomba telah dibuat oleh BPODT.

“Kami di BPODT dengan kerendahan hati sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk melaksanakan event ini. Trail of The Kings (Zero Edition) yang bertajuk Live Your Legend ini terbagi atas empat kategori kompetisi, yaitu 5 kilometer, 10 kilometer, 27 kilometer, dan 50 kilometer,” katanya.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU