SBY Menilai Perang Nuklir Bisa Jadi Kenyataan

BERSPONSOR

NINNA.ID – Alih-alih memberikan penilaian AHY menjadi Wacapres bersama Anies Baswedan, Presiden ke-6 Indonesia SBY menilai perang perang Rusia Vs Ukraina. Perang ini bisa memicu terjadinya perang nuklir, kata SBY.

Penilaian SBY ini didasari pada perang Rusia dengan Ukraina yang disebutnya semakin liar dan tidak terkendali.

“Jika perang di Ukraina (vs Rusia) makin ‘liar’ dan tidak terkendali, terjadinya perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa menjadi kenyataan,” kata SBY dalam utas di Twitter, Selasa (11/10/2022).

SBY menjabarkan dalam utasnya, ada dua permasalahan yang saat ini terjadi dan bisa memicu perang dunia.

BERSPONSOR

Resesi ekonomi global dikatakan SBY menjadi faktor utama. “Kedua, perang di Ukraina (vs Rusia) makin membahayakan bagi keamanan internasional,” tuturnya.

Bukan itu saja, SBY juga melihat selain perang di Ukraina, permasalah konflik di Asia Timur bisa ikut mempengaruhi.

Dalam hal ini SBY mengatakan, jika kondisi makin runyam hubungan Taiwan dan China, bisa terjadi kemungkinan menjadi konflik militer terbuka.

“Ingat, Perang Dunia II dulu, ada di Eropa dan Asia. Haruskah kita biarkan terjadi lagi?” ujar SBY.

BERSPONSOR

Dengan kondisi global yang semakin mengkhawatirkan, SBY kemudian mengajak pemimpin dunia lebih mengedepankan perdamaian daripada perang.

TERKAIT  Sedang Viral Link Video Ciwidey Wanita Bercadar Berdurasi 39 detik, Jangan Membuka Link Sembarangan

Pemimpin dunia diajak SBY “bertindak secara nyata” demi menyelamatkan dunia lewat Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diadakan di Bali pada November mendatang.

“Gunakan Forum G-20 di Bali ‘to save our world, to save our planet’. Turunkan ego masing-masing. Negosiasi dan perundingan adalah jawaban,” tulis SBY.

Di sejumlah pemberitaan dalam dan luar negeri, serangan Rusia ke Ukraina memang semakin gencar.

- Advertisement -

Adanya AS dan Eropa yang terus menyuplai senjata membuat perang semakin panjang, dan memancing Rusia untuk bertindak lebih jauh, yakni meluncurkan nuklir.

Masyarakat dunia saat ini merasa khawatir perang nuklir benar-benar terjadi pecah di tengah invasi Rusia di Ukraina yang sudah masuk bulan kedelapan.

Dilansir The New York Times, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden bahkan mengatakan soal antisipasi perang nuklir.

“Untuk pertama kalinya (akibat perang Rusia vs Ukraina) sejak Krisis Rudal Kuba, kita berhadapan dengan ancaman langsung penggunaan senjata nuklir,” kata Biden belum lama ini.

Biden mengemukakan hal itu setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bakal “menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia” demi menjaga tanah airnya.(suara)

 

Editor : Mahadi Sitanggang

 

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU