spot_img

Sayur Bangunbangun, Rahasia Ibu dan Bayi Sehat

HUMBAHAS – Sayuran yang satu ini dikenal dengan nama bangunbangun. Walau ditemui juga di daerah lain, tapi bagi perempuan Batak khususnya setelah bersalin, ini adalah salah satu rahasia ibu dan bayi sehat.

Oh ya, masih ingat dengan Opung Lastorang yang membudidayakan Strawberry Batak atau lamun-lamun itu? Ternyata perempuan boru Lumban Gaol ini, juga merawat bangunbangun di lahannya.

bangun bangun
Tumbuhan bangun bangun, banyak juga yang menyamakan dengan daun jintan.(Foto:joe marbun)

Menurut Opung Lastorang, manfaat daun bangunbangun ini sudah lama diketahui oleh perempuan Batak. Itulah sebabnya hampir setiap perempuan Batak di kawasan Tapanuli, setelah melahirkan selalu disediakan sayur ini.

Dengan rutin mengonsumsi sayur daun bangunbangun, maka produksi air susu ibu pasca melahirkan akan meningkat, terjaga lah pertumbuhan si bayi dengan baik.

Resep masakan sayur bangunbangun ini juga tidak rumit. Selain bumbu dapur biasa, oleh orang Batak, daging ayam kampung wajib disertakan dalam sayur bangunbangun.

Bumbu yang umum digunakan untuk sayur bangunbangun antara lain, bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar dan andaliman. Sementara santan kelapa diperlukan sebagai kuah sayur.

Selain untuk ibu melahirkan, bangunbangun juga bisa dikonsumsi siapa saja. Bahkan, banyak yang meyakini, mengonsumsi bangunbangun dapat membantu meningkatkan stamina.

TERKAIT  Ini Sumber Air Panas Sipoholon Taput

Usai berbincang tentang manfaat daun bangunbangun ini, ternyata seorang cucu Opung Lastorang yang dikenal bernama Intan boru Banjarnahor, telah menyiapkan satu porsi sayur bangunbangun lengkap dengan daging ayam kampung dimasak di rumahnya tepatnya di Jalan Veteran Ujung Doloksanggul. Hmm, aromanya memang menggoda selera.

Dari Intan diketahui, proses memasak daun bangunbangun hampir sama persis dengan memasak sayur daun ubi. Perbedaannya, sayur daun ubi tidak pernah dimasak bersama dengan daging ayam.

Nah, untuk daging ayam ini juga harus dibedakan. Untuk melengkapi sayur bangunbangun, biasa yang digunakan adalah daging bagian dada dan paha. Namun jika kebetulan tidak ada daging ayam, bisa juga diganti dengan daging unggas lainnya, seperti bebek.

Kini bukan hanya perempuan Batak yang menjadikan sayur bangunbangun sebagai sayuran wajib pasca melahirkan. Secara umum di Sumatera Utara, hampir semua perempuan telah sangat dekat dengan manfaat daun bangunbangun.

 

Penulis  : Joe Marbun
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU