spot_img

Sapo Juma dan Jabu Ertuah Taman Estetik di Sumut

KARO – Destinasi wisata yang sempat viral di media sosial ini, masih berada di Kabupaten Karo. Dikenal dengan Sapo Juma. Bertolak dari Sidikalang, hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dengan jarak tempuh 51 km. Namun jika berangkat dari Medan, bro dan sista memerlukan 3 jam lebih dengan estimasi jarak 103 km.

Lokasinya berada di Jalan Tongging-Silalahi, Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Setelah tiba di simpang Sipiso-piso, perlu menyusuri jalan menuju Sapo Juma sepanjang 3.5 km. Setibanya di destinasi indah dengan pajangan lereng berbunga, informasi menyebutkan, tempat ini bukanlah Sapo Juma. Begini lebih jelasnya.

Jadi sebenarnya yang beredar di sosial media mengenai taman bunga itu bukan bernama Sapo Juma melainkan Jabu Ertuah. Keduanya adalah objek yang berbeda meskipun di lokasi yang sama. Sapo Juma adalah lokasi homestay yang jaraknya hanya beberapa meter setelah Jabu Ertuah.

Homestay ini berkonsep alam yang hadir sebagai nuansa baru di kawasan wisata Tongging. Diterjemahkan dari bahasa Karo, Sapo artinya rumah dan Juma artinya ladang. Ya, penginapan berbentuk rumah yang berada di tengah ladang bunga yang asri dan indah. Begitulah gambarannya.

Banyak orang berkunjung ke taman bunga dan homestay ini karena keindahan yang ditawarkan tidak sembarangan. Mulai dari keindahan surga bunga yang beraneka ragam hingga pemandangan Danau Toba yang tidak bisa memalingkan mata.

TERKAIT  Bukit Gajah Bobok, Destinasi Wisata Eksotis dari Karo
Sapo juma 3
Danau Toba menjadi daya tarik yang tak pernah jemu dipandang dari sini.(foto:josua)

“Untuk menginap di homestay, pengunjung hanya perlu membayar Rp550.000/malam untuk 1 kamar dengan kapasitas 2 orang/kamar. Namun ini belum termasuk breakfast. Jika mau diisi lebih dari 2 orang, boleh order extra bed”.

“Untuk harga ekstra bed hanya Rp125.000 @bed. Fasilitas yang tersedia: kamar mandi di dalam dan di luar kamar dengan fasilitas hot shower. Cafe dan juga akses WiFi sepuasnya,” ujar Jamin Anggara, pengelola homestay setempat.

Sapo Juma 2
Coffe Shop di Sopo Juma.(foto:josua)

Untuk bro dan sista yang ingin bermalam tapi tidak di Homestay dengan alasan budget yang kurang memadai, atau memang pecinta alam, tidak perlu khawatir. Di sini terdapat fasilitas camping ground dengan harga mulai Rp75.000/malam untuk 1 orang.

Kalau memutuskan menginap di homestay atau di tenda camping, maka tidak perlu membayar retribusi masuk ke Jabu Ertuah. Jika sebatas berwisata untuk 1 hari saja, dikenakan biaya retribusi masuk sebesar Rp20.000/orang.

Camping Jabu Ertuah
Ini tempat menginap bagi pecinta alam.(foto:josua)

Salah satu aktivitas andalan di Sapo Juma dan Jabu Ertuah ini adalah foto shoot, baik itu pre-wedding maupun modelling. Terdapat layanan foto shoot juga di lokasi ini dengan harga Rp600.000/paket.

Bagaimana bro dan sista, tidak penasaran dan bingung lagikan? Ternyata taman bunga yang indah itu adalah Jabu Ertuah dan Sapo Juma adalah lokasi homestay. Jadi, yuk nikmati keindahan Jabu Ertuah dan Sopo Juma di Kabupaten Karo, Sumatera
Utara.

 

Penulis   : Josua Siburian
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU