spot_img

Sandiaga Uno Resmikan Toyota EV Smart Mobility Project

SAMOSIR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno kembali melakukan kunjungan ke Samosir, tepatnya di Batu Hoda Beach, Kecamatan Simanindo, Selasa  (19/07/2022). Di sini Sandi meresmikan Toyota EV Smart Mobility Project.

“Sebelumnya ini ada di Nusa dua Bali, tapi saya bilang kepada Pak Mitsuda dan Pak Henry, kita punya 5 destinasi super perioritas. Dan mereka memilih Danau Toba di Kabupaten Samosir. Terlebih Batu Hoda ini sebagai destinasi kedua setelah Nusa Dua Bali untuk menonjolkan EV Mobility,” ujar Sandiaga Uno.

Kelanjutan EV Mobility ini, kata Sandi, sedang menargetkan pengurangan emisi karbon 50 persen di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2030.

“Dan target kita net zero adalah sebelum tahun 2050, sepuluh tahun lebih cepat daripada target Nasional,” tegasnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom, yang hadir di Batu Hoda sepakat mengapresiasi pihak Toyota Astra Motor.

“Terus kembangkan sehingga kami-kami ini semakin sehat dari kreatifitas orang-orang yang mempunyai ilmu teknologi sehingga kita semakin sehat hidup di dunia ini,” ujar Edy.

TERKAIT  Diamond Land Fashion Show di Toba Geofest

Di sela-sela acara, Menteri Parekraf Sandiaga Uni mengajak Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom untuk berfoto bersama berlatarkan Danau Toba di bibir pantai Batu Hoda Beach, dan diapit dua mobil Toyota.

Sandiaga Uno diapit Gubsu dan Bupati Samosir di antara mobil listrik.(foto:edward)

Dalam peresmian EV Mobility itu, Toyota membawa 11 unit mobil listrik. Ke depannya, unit ini sebagai moda transportasi mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Samosir dengan rute yang telah ditentukan.

Tidak hanya di Samosir, di Simalungun dan Toba, unit yang sama juga akan dapat dinikmati traveling, khususnya untuk mengunjungi Parapat hingga ke Kaldera Nomadic Escape.

Sebelumnya, satu stasiun pengisian umum  kendaraan listrik telah berdiri di Kota Parapat. Dengan adanya SPUKL itu pemilil kendaraan listrik dapat mengisi daya di sana.

Penulis   : Edward Limbong
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU