spot_img

Sandiaga Uno Ngevlog dan Puji Keindahan Desa Wisata Tipang, “Keren”

HUMBAHAS –  Bergaya layaknya seorang traveler, kunjungan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Selasa (09/11/21), disambut sekelompok anak kecil yang menari dan bermain uning-ungingan alat musik tradisional Batak, di Desa Wisata Tipang. Wajah Sandi tampak bahagia, tawa kecil dan senyum sumringah selalu menghiasi rona wajahnya, menerima sambutan para seniman cilik itu.

Jalan-jalan Sandiaga ala vloger di Desa Wisata Tipang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara itu dipandu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gomgom Lumbantoruan. Walau santai, tapi Sandi sangat antusias mendengarkan penjelasan Gomgom tentang potensi Desa Wisata Tipang.

Momen berbagi kebahagiaan terjadi ketika perjalanan Sandi Huta Banjar Tonga. Di perjalanan Sandiaga Uno disuguhi permainan anak-anak yang ada di Desa Wisata Tipang.

Ada permainan engklek (marsitengka) ala Desa Wisata Tipang, kelereng, jalekkat (enggrang) dan semuanya dicoba oleh Sandiaga Uno.  Melihat Sandi bermain bersama anak desa, gelak tawa masyarakat pun pecah membahana.

Sandiaga Uno bermain engklek (marsitekka) bersama-sama anak Desa Wisata Tipang (Foto: Humas Humbang)

Di kesempatan lain, di bawah tenda sederhana Sandi mendengarkan penjelasan Pokdarwis bersama penjabat Kepala Desa Wisata Tipang , tentang potensi wisata di daerah itu. Tampak Menteri Sandiaga Uno antusias mendengarkan dan mengapresiasi penjelasan terkait objek wisata yang ada di Desa Wisata Tipang.

Layaknya seorang vloger, Sandi tak mau diam di satu tempat. Dia melanjutkan jalan-jalannya. Memasuki Huta Banjar Tonga yang memiliki benteng tersusun dari bebatuan tua, Sandi pun melewati celah bebatuan yang hanya bisa dilalui satu orang saja, sebagai gerbang masuk ke desa itu.

Keluar dari celah batu yang disebut warga setempat dengan “Harbangan Ni Huta” itu, Sandi langsung menyapa warga yang sudah menunggunya. “Horas!” teriak Menteri Sandiaga begitu muncul dari Harbangan.

Para tokoh adat sudah berdiri rapi menyambut dengan ucapan sapaan yang sama, Horas. Tokoh adat yang menyambut di sini adalah Komunitas Budaya Sihali Aek Desa Wisata Tipang. Diiringi dengan Gondang Panomunomuon (gendang penyambutan), Sandiaga disambut Tortor Batak. Wajah Sandi kembali merona sumringah.

Di Huta Banjar Tonga ini, Sandiaga menyaksikan pembuatan alat musik tradisional Batak oleh seorang pemuda pengerajin. Sandi terlihat memainkan alat musik taganing dan bertanya beberapa hal kepada pembuat alat musik itu.

Alat musik tradisional Hadapi juga dimainkan Sandiaga Uno dipandu anak Desa Wisata Tipang (Foto : Humas Humbang)

Sandiaga juga terlihat berbincang santai dengan dengan ibu-ibu Desa Wisata Tipang yang sedang menggiling kopi, menyiapkan naniura masakan tradisional Batak tanpa suhu panas dan yang sedang membuat sasagun, snack dari beras yang dikelola oleh masyarakat Tipang.

TERKAIT  Mata Air Raja Sijambang, Bisa Tak Terlihat Walau Suaranya Terdengar

Kembali satu warisan leluhur, Tortor Gondang Mula-mula dan Somba dipersembahkan sebagai rasa hormat masyarakat Humbang Hasundutan kepada Menteri Sandiaga Uno yang telah hadir di Humbang Hasundutan.

“Mau berfoto ga?,” seru Sandiaga kepada para penari usai manortor. Dan, Sandi langsung dikerubuti gadis-gadis Desa Tipang.

Titik perjalanan Sang Menteri yang seolah menyaru jadi seorang vloger itu, sampai pada stand pameran kain Humbang Sibori dan Batik Humbang Sibori.

Di sini terlihat, Menteri Sandi ternyata sama juga dengan kita, tetap merogoh saku untuk berbelanja oleh-oleh. Beberapa kain dan juga baju hasil karya Humbang Hasundutan dibungkus Sandi. Termasuk juga beberapa produk lainnya, seperti anyaman pandan, aneka barang cantik dari pandan dan tikar pandan, ikut digulung Sandi.

Sandiaga Uno 2
Kunjungan resmi ala vloger Menparekraf Sandiaga Uno ke Desa Wisata Tipang di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.(Foto:febe)

Belum puas di Banjar Tonga, Sandi melanjutkan jalan-jalannya di Desa Tipang menuju tempat wisata yang sangat potensial. Tempat itu disebut Sibara-bara. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Desa Banjar Tonga. Ke sini, Sandi naik mobil pick up dengan bak terbuka, bersama Bupati Humbang menyapa masyarakat dari atas pickup.

Alam Sibara-bara yang menyuguhkan sawah hijau yang berujung seolah menyatu dengan Danau Toba dengan Pulau Simamora di tengah danau,membuat Sandiaga terperangah.

“Weihhhhh…Ini dia, terbaik-terbaik. Keren keren, keren abis,” ucap Sandiaga dengan ekspresi takjub. Momen itu sempat didirekam ninnA yang duduk di sebelah sang sopir.

Sibara-bara memang sangat indah, memanjakan mata pengunjung.  Deru aliran irigasi terdengar jelas, menegasakan keindahan alam Desa Wisata Tipang. Tak berhenti Sandiga memuji keindahan alam di depannya. Di sini, Sandi menyempatkan jajan hasil produksi UMKM Humbang Hasundutan. Kopi Premium asli produk Humbang Hasundutan, tak luput dibungkus Sandi.

Sibara-bara di Desa Wisata Tipang menjadi saksi penandatangan prasasti 50 Desa Wisata terbaik oleh Menteri Sandiaga Uno. Selfie, vloger sembari menceritakan keindahan alam Desa Wisata Tipang dilanjutkan oleh Sandiaga.

Momen menarik di sana, saat Sandi menuju sebongkah batu di tengah sawah. Spontan aksi dan gayanya menjadi santapan lensa semua yang hadir di tempat itu. Keindahan alam Sibara-bara di Desa Wisata Tipang, menjadi titik akhir perjalanan wisata Menparekraf RI Sandiaga Uno di Humbang Hasundutan.

 

Penulis    : Febe
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU