spot_img

Kebutuhan Gedung Creative Hub Samosir Versi Sandiaga

Dorong Komunitas Usulkan Sub Sektor Multimedia

SAMOSIR – Mengakhiri kunjungannya di Kabupaten Samosir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menutup acara Sosialisasi Sadar Wisata di Aula HKBP Ambarita, Kecamatan Simanindo, Selasa (19/07).

Di Samosir, Sandiaga mengunjungi Pantai Batu Hoda, Pantai Indah Situngkir, Kecamatan Pangururan, dan Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo. Kepada wartawan, dia mengatakan selalu mengajak seluruh pihak untuk mendukung pulihnya dunia pariwisata pasca dilanda pandemi Covid-19.

“Kami yakin 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun ini bisa dicapai,” kata Sandiaga Uno.

Ketertarikannya ke Gedung Creative Hub Samosir yang diresmikannya beberapa waktu lalu, tampaknya masih terbangun. Sandiaga Uno mengatakan, telah meminta komunitas yang ada di Gedung Creative Hub Samosir agar mengajukan usulan sub sektor lain termasuk ekonomi digital dan multimedia.

“Kami memberikan pelatihan 2D and 3D animations dan pembuatan konten podcast. Itu memang kebetulan sosialisasi kami dalam memberikan pelatihan-pelatihan yang terus memberikan pendampingan dan peningkatan kualitas dari produk-produk multimedia, khususnya di kawasan Kabupaten Samosir yang sangat indah. Jadi kami perlu visualisasi fotografi dan juga videografi agar konten-konten ini lebih layak dijual untuk menarik wisatawan agar ke Samosir,” ucap Sandiaga Uno

TERKAIT  11 Tahun Mengasuh Sanggar Tortor Batak, Manggung di Luar Negeri Jadi Impian

Sayangnya, keyakinan dan harapan Menteri itu belum mendapat dukungan maksimal dari daerah. Ketua Harian BP TCUGGp Mangindar Simbolon, mengatakan, pemandu Geowisata masih sangat terbatas, namun sudah buat pengusulan.

“Untuk pemandu geowisata memang masih terbatas. Dan ini tidak di Kemenparekraf, melainkan di Kementrian ESDM. Jadi kami sudah mengusulkan agar ditambah untuk pelatihan geowisata. Karena Geopark Kaldera Toba ini intinya ada di Samosir,” ujar Mangindar Simbolon

Selama berkunjung di 3 lokasi yang berbeda di Samosir, Sandiaga terlihat bersemangat meladeni siapa saja untuk berfoto. Bahkan, hingga malam hari, Menteri itu masih terlihat energik.

Di Batu Hoda Beach, Sandiaga meresmikan EV Mobility Project. Unit itu diharapkan mampu menekan polutan, khususnya di kawasan destinasi super prioritas seperti Danau Toba.

 

Penulis    : Edward Limbong
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU