Rusia Lepaskan Serangan Drone Terbesar di Ibu Kota Ukraina Jelang Hari Kyiv

BERSPONSOR

NINNA.ID-Rusia lepaskan serangan drone terbesar ke ibukota Ukraina, Kyiv, semalam 28 Mei 2023. Serangan tersebut menurut para pejabat tampaknya merupakan serangan pesawat tak berawak terbesar di kota itu sejak dimulainya perang.

Serangan dilancarkan Rusia saat ibu kota Ukraina bersiap untuk merayakan ulang tahun pendiriannya pada Minggu.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan telah menjatuhkan 52 dari 54 drone yang diluncurkan Rusia, menyebutnya sebagai rekor serangan drone ‘kamikaze’ buatan Iran. Belum jelas berapa banyak drone yang ditembakkan di atas Kyiv.

Apa yang juga tampaknya menjadi serangan mematikan pertama di Kyiv pada Mei dan serangan ke-14 bulan ini, puing-puing yang berjatuhan menewaskan seorang pria berusia 41 tahun, kata Walikota Vitali Klitschko.

BERSPONSOR

Serangan menjelang fajar terjadi pada hari Minggu terakhir bulan Mei ketika ibu kota merayakan Hari Kyiv, peringatan pendirian resminya 1.541 tahun lalu.

Hari itu biasanya ditandai dengan pameran jalanan, konser langsung, dan pameran museum khusus – rencana yang telah dibuat tahun ini juga, tetapi dalam skala yang lebih kecil.

“Sejarah Ukraina telah lama mengganggu orang Rusia yang tidak aman,” kata Andriy Yermak, Kepala Kantor Presiden Volodymyr Zelenskiy, di saluran Telegramnya.

Angkatan Udara mengatakan di Telegram bahwa Rusia telah menargetkan militer dan fasilitas infrastruktur penting di wilayah tengah Ukraina, dan khususnya wilayah Kyiv.

BERSPONSOR

Reuters tidak dapat memverifikasi informasi secara independen.

Prancis mengutuk serangan itu “dalam istilah terkuat”, menambahkan bahwa itu telah merenggut nyawa setidaknya dua orang dan menyebabkan beberapa orang terluka. Kasus tersebut disebut sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum kemanusiaan internasional.

“Tindakan yang tidak dapat diterima ini merupakan kejahatan perang dan tidak dapat dibiarkan begitu saja,” kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan.

Dengan serangan balasan Ukraina yang membayangi 15 bulan setelah perang, Moskow telah mengintensifkan serangan udara setelah jeda hampir dua bulan, yang menargetkan terutama lokasi dan pasokan militer. Gelombang serangan kini datang beberapa kali dalam seminggu.

- Advertisement -
TERKAIT  Nonton Film Arwah Tumbal Nyai Gratis Full HD, Cek Linknya Disini!

Serangan hari Minggu itu terjadi setelah Kyiv mengatakan bahwa bentrokan pertempuran mereda di sekitar kota Bakhmut yang terkepung di tenggara Ukraina, tempat pertempuran perang terpanjang.

Serhiy Popko, Kepala Administrasi Militer Kyiv, mengatakan serangan itu dilakukan dalam beberapa gelombang, dan peringatan udara berlangsung lebih dari lima jam.

“Hari ini, musuh memutuskan untuk ‘memberi selamat’ kepada rakyat Kyiv pada Hari Kyiv dengan bantuan UAV (kendaraan udara tak berawak) mematikan mereka,” kata Popko di saluran pesan Telegram.

Beberapa distrik di Kyiv, sejauh ini merupakan kota terbesar di Ukraina dengan populasi sekitar 3 juta jiwa, menderita dalam serangan semalam, kata para pejabat, termasuk lingkungan Pecherskyi yang bersejarah.

Saksi Reuters mengatakan bahwa selama peringatan serangan udara yang dimulai segera setelah tengah malam, banyak orang berdiri di balkon mereka, beberapa teriakan serangan diarahkan pada Presiden Rusia Vladimir Putin dan slogan “Glory to air defence”.

serangan drone
Asap mengepul di langit di atas kota setelah serangan pesawat tak berawak Rusia, di tengah serangan Rusia di Ukraina, di Kyiv, Ukraina 28 Mei 2023. REUTERS/Gleb Garanich

Di Distrik Holosiivskyi yang rindang di bagian barat daya Kyiv, puing-puing yang berjatuhan menyebabkan gudang tiga lantai terbakar, menghancurkan sekitar 1.000 meter persegi (10.800 kaki persegi) struktur bangunan, kata Walikota Klitschko.

Kebakaran terjadi setelah puing-puing pesawat tak berawak menghantam gedung non-perumahan tujuh lantai di Distrik Solomyanskyi di sebelah barat kota. Distrik ini merupakan pusat transportasi kereta api dan udara yang sibuk.

Di Distrik Pecherskyi, kebakaran terjadi di atap gedung sembilan lantai karena puing-puing pesawat tak berawak yang jatuh, dan di Distrik Darnytskyi sebuah toko rusak, kata Pejabat Administrasi Militer Kyiv di Telegram.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU