spot_img

Rupala, Olahan Buah Pala yang Menggoda di Gebyar Wisata Danau Toba

PARAPAT – Ada yang baru di Gebyar Wisata Danau Toba di salah stand open stage Tigaraja. Di antara beragam produk UMKM kerajinan tangan dan kuliner binaan Bank Indonesia, ada RUPALA. Produk ini merupakan olahan buah pala dari Uwak Pala atau Timbul Harahap, warga Kota Pematangsiantar.

“Silahkan mampir bang. Ini olahan buah pala dan silahkan dicoba, ini tester sirup buat abang,” kata Uwak Pala sambil menyuguhkan seteguk tester sirup buah pala. Rasanya nikmat.

Uwak Pala pun berkisah tentang produk olahan buah pala miliknya, yang digeluti sejak tahun 2018. Lalu di tahun 2020, dia semakin fokus mengolah berbagai produk turunan dari buah yang mungil itu.

Saat ini, ada jenis produk buah pala miliknya diklaim satu-satunya di kawasan Danau Toba bahkan Sumatera Utara.

Melalui sirup buah pala itu, dia bergabung dengan UMKM, dan selalu melalang buana di berbagai kegiatan dengan menghiasi stand-stand yang ada di kawasan Danau Toba sampai provinsi. Buah pala, sebagai bahan utama produknya, dikumpulkan dari petani pala di Simalungun dan dari ladangnya sendiri.

Berikut ini ada berbagai produk turunan dari buah pala yang dipajang di Gebyar Wisata Danau Toab.

1.Sirup Rupala
Minuman sirup Rupala merupakan minuman sehat dari sari daging buah pala yang memiliki cita rasa buah rempah nusantara, dicampur dengan gula tebu asli tanpa pemanis buatan dan zat pewarna. Warna merah muda pada sirup, murni dari biji buah pala yang dicampur saat pengolahan.

Minuman yang mengandung Vit C ini, selain rasanya yang nikmat, membuat tubuh hangat. Sirup kelat manis alami ini, dapat dikonsumsi oleh semua umur. Diminum dalam keadaan dingin es maupun hangat, tetap tidak mengurangi kenikmatannya.

2.Selai Rupala
Menambah cita rasa roti dengan rasa buah pala. Bisa dijadikan pilihan menemani sarapan dan ngemil santai bersama teman dan keluarga serta orang tercinta. Selai olahan dari daging buah pala ini tidak mengandung pemanis buatan.

TERKAIT  Lamun-lamun, Strawberry dari Tanah Batak

3.Dodol Rupala
Seperti Dodol pada umumnya, Dodol Rupala diolah dengan menggunakan bahan dasar buah pala, berwarna kecoklatan, bertekstur kenyal dengan rasa manis dan legit rasa buah pala.

Cocok dijadikan cemilan saat menikmati waktu santai, dan menjadi teman saat dalam perjalanan, karena bisa sebagai pengganti permen saat merasa mual atau perut kembung.

4.Manisan Rupala
Manisan daging buah pala ini terbuat dari daging buah pala pilihan, yang diolah dan diproses cara higienis. Tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet dan tanpa warna.

Menikmati manisan buah pala sangat bagus untuk melancarkan pencernaan karena sifatnya antibakteri dan efektif membantu membersihkan bakteri pada mulut, bisa meningkatkan kekebalan gusi dan gigi.

Cemilan yang kaya manfaat ini menjaga kesehatan gigi dan aroma mulut terjaga, rasa manisnya yang menggoyang lidah dan tidak enek. Sangat cocok saat dirumah dan bersantai kemanapun.

5.Khasiat Buah Pala
Rempah yang merupakan salah satu buah rebutan yang dianggap emas pada masa kolonial ini dapat bertindak sebagai tonik, yaitu zat yang bisa mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

Oleh sebab itu, buah pala mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah pala dapat membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal.

Buah Pala yang mengandung magnesium tinggi ini mampu mengurangi ketegangan saraf, bahkan merangsang pelepasan Serotonin (yaitu hormon yang menciptakan rasa rileks) dalam tubuh, sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur, mampu mengatasi Insomnia, mengatasi masalah pencernaan (mual atau kembung), mendetoksifikasi tubuh, mengurangi rasa sakit akibat cedera dan menjaga kesehatan otak, kulit serta mulut.

 

Penulis     : Ferindraha
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU