spot_img

Rumah Pohon Desa Tarabunga menyajikan kenikmatan Keindahan Alam

NINNA.ID – TOBA

Rumah Pohon destinasi wisata yang dikelilingi pohon pinus yang rimbun di Desa Tarabunga, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba mulai dilirik wisatawan. Bagi pengunjung yang ingin menyambangi kawasan Danau Toba, destinasi ini bisa menjadi lokasi alternatif bagi para penikmat suguhan kesejukan alam.

Pohon pinus yang tumbuh subur di perbukitan Desa Tarabunga tersebut sangat cocok dijadikan sebagai lokasi santai bagi para pengunjung. Di tengah rimbunan pinus, sejumlah tempat duduk disiapkan. Pengunjung dapat duduk manis, mengarahkan pandanga ke Danau Toba.

Destinasi wisata ini dibuka sekitar empat bulan yang lalu. Setelah dibuka, kawasan ini mulai ramai dikunjungi oleh para pengunjung khususnya masyarakat yang berada di sekitar Kabupaten Toba.

Untuk menempuh lokasi ini, pengunjung menempuh jarak sekitar 5 kilometer dengan menggunakan kendaraan dari pusat kota Balige ke arah Tarutung atau bisa saja para pengunjung mengikuti jalan yang berada di pinggiran Danau Toba.

Perjalanan dari pilihan kedua sudah lebih menyenangkan karena dapat  menikmati keindahan Danau Toba. Selain itu, pengunjung juga disambut sajian keindahan sawah yang ada di Tarabunga. Pematang sawah yang sangat teratur rapi ibarat stadion itu, sangat indah terlihat di antara musim tanam selesai dan sebelum panen raya.

Aktifitas keseharian masyarakat petani di sekeliling kawasan tersebut juga menjadi suguhan menarik bagi pengunjung. Sebelum sampai ke tujuan utama, pengunjung bisa menggali lebih dalam bagaimana sistem pertanian masyarakat sekitar, yang pada umumnya bertani padi dan tanaman holtikultura lainnya. Bagaimana cara bertani dengan menggunakan alat tradisional bisa dibadikan dengan kamera.

Baca juga : Air Terjun Bidadari yang Menghipnotis

Setibanya di Rumah Pohon, pengunjung akan merasakan udara segar dan melihat secara langsung hamparan sawah yang ada di pinggiran Danau Toba. Pepohonan yang rindang membuat para pengunjung akan memilih lebih lama tinggal di sana sambil menikmati kuliner sederhana yang bisa di beli dari warung makanan di lokasi tersebut.

TERKAIT  Toba Rest Area De Hasiando Ramaikan Layanan Wisata Danau Toba

Karena indah dan menawan, kawasan ini kerap dijadikan sebagai spot foto bagi kaum muda. Tempat ini juga cocok tempat bermain anak agar lebih mengenal kesederhanaa masyarakat yang ada di desa. Kesederhanaan tersebut terlihat dari tempat duduk dan properti yang digunakan di lokasi tersebut.

Kawasan Tarabunga yang kini sudah mulai membenahi diri menyajikan alternatif destinasi wisata kepada pengunjung ternyata memberikan dampak bagi warga sekitar. Warga Desa Tarabunga mau tak mau mengasah diri di bidang pariwisata, sebagai pelaku wisata. Membenahi rumah pohon juga bagian dari prioritas.

Kepala Desa Tarabunga Robert Fidelis Siahaan menuturkan bahwa pihaknya bersyukur atas alam indah di desanya sehingga memungkinkan kawasan mereka menjadi desa wisata. “Tak terbayangkan anugerah Tuhan kepada kami, apalagi memandang keindahan ini dari rumah pohon” katanya.

“Kami merasa senang bahwa Tarabunga ini sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat menjadi kawasan strategis pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba,” ujar Kepala Desa Tarabunga Robert Fidelis Siahaan saat disambangi di kawasan tersebut beberapa waktu lalu.

Untuk mengembangkan desa Tara Bunga itu, pihaknya sudah mendapatkan angin segar dari pemerintah kabupaten maupun pusat untuk mengembangkan kawasan tersebut sebagai desa wisata.

“Dengan rencana pemerintah untuk menjadikan desa ini sebagai tempat wisata, maka mereka sudah membenahi diri dari sisi SDM yang nanti akan disesuaikan dengan pengembangan pariwisata ini. Kami dari pemerintahan desa selalu berusaha bagaimana membangkitkan pariwisata di desa ini sesuai dengan keinginan pemerintah,” pungkasnya. Penataan rumah pohon akan menjadi prioritas pembenahan di desa ini.

Penulis : Stiruam

Editor   : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU