Rotua Lubis Lolos sebagai Young Ambassador Pemberdayaan Generasi Penerus Pertanian

BERSPONSOR

Tapanuli Utara, NINNA.ID-Dedikasi dan inovasi petani muda Indonesia tercermin melalui keberhasilan program Young Ambassador Agriculture 2024.

Sebanyak 75 petani muda dari seluruh Indonesia berhasil lolos sebagai nominasi dalam ajang prestisius ini, yang diselenggarakan mulai tanggal 30 April hingga 4 Mei 2024, di Hotel Padjajaran, Bogor.

Salah satu yang menonjol adalah Rotua Lubis, seorang petani muda berbakat asal Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Program ini, yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD), bertujuan untuk merangsang semangat petani muda dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia.

BERSPONSOR
Young Ambassador Agriculture
Rotua Lubis, seorang petani muda berbakat asal Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (foto: istimewa)

Dalam ajang ini, Rotua Lubis berhasil menarik perhatian juri dengan inovasinya dalam bidang pertanian dan usaha-usaha ekonomi kreatif yang dijalankannya di daerahnya.

Rotua Lubis, yang berasal dari Tapanuli Utara, tidak hanya menjadi petani yang sukses, tetapi juga pengusaha muda yang inspiratif.

Selain bertani, ia membuka usaha keripik buah dan sayur dan organik dried di kampung halamannya dengan nama usaha Natur Snack TaoHoras.

TERKAIT  Hebat! Dua Putra Langkat Sabet Penghargaan Adisatya Literasi dari BALIN

Usaha ini tidak hanya memberikan peluang ekonomi baru bagi masyarakat lokal, tetapi juga mempromosikan konsumsi makanan sehat dan berkelanjutan.

BERSPONSOR

“Usaha saya bukan hanya tentang menghasilkan keuntungan, tetapi juga tentang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Rotua Lubis dengan antusias.

Keterlibatan Rotua Lubis sebagai nominasi Young Ambassador Agriculture dari Tapanuli Utara menjadi cerminan dari semangat petani muda Indonesia dalam berkontribusi pada pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Dukungan dan apresiasi dari pemerintah, organisasi pertanian, dan masyarakat lokal sangatlah penting untuk mendorong kemajuan sektor pertanian di Indonesia.

Para nominasi akan menjalani tahap seleksi selanjutnya, dan pemenang akan diumumkan dalam waktu dekat. Semangat dan dedikasi para petani muda Indonesia, termasuk Rotua Lubis, akan terus menjadi pendorong utama dalam mewujudkan visi pertanian yang lebih baik dan berkelanjutan bagi Indonesia.

- Advertisement -

Tulisan ini dikirim oleh Rotua Lubis
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU